Pasang Target Kurangi Emisi, Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024 Sejalan dengan Visi Beyond Zero Toyota

Jum'at, 16 Agustus 2024 - 14:24 WIB
loading...
Pasang Target Kurangi...
(Foto: dok Toyota)
A A A
JAKARTA - Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024 mengusung visi yang bertujuan untuk mengurangi setengah emisi karbon dibandingkan event olimpiade sebelumnya. Hal tersebut sejalan dengan visi Toyota Global Beyond Zero.

Beyond Zero menekankan bahwa kendaraan elektrifikasi (xEV) Toyota tidak hanya mengenai performa berkendara atau desain mobil yang futuristis. Lebih dari itu, line-up xEV Toyota dihadirkan untuk menyelesaikan berbagai masalah guna mewujudkan masyarakat yang berkelanjutan demi kelangsungan generasi mendatang.

Paris 2024 menjadi olimpiade pertama yang selaras dengan Paris Agreement on Climate Change, yang diadopsi pada 2015. Panitia Olimpiade dan Paralimpiade Paris 20224 berharap dapat mengurangi lebih dari separuh emisi karbon yang dihasilkan pada event London 2012 dan Rio 2016.

Sebagai catatan, masing-masing event olimpiade di atas telah memproduksi 3,4 juta dan 3,6 juta ton carbon dioxide (CO2). Dari angka tersebut, penyelenggara Paris 2024 memasang target di bawah 1,75 juta ton CO2.

Jumlah tersebut lebih sedikit dibandingkan Tokyo 2020 yang digelar pada 2021. Olimpiade tersebut menghasilkan emisi karbon sebanyak 1,9 juta ton CO2 lantaran tidak mendatangkan penonton akibat pandemi Covid-19.

Panitia penyelenggara Paris 2024 membagi sebaran jejak karbon dalam 3 kategori, yaitu mobilitas (34 persen), konstruksi (33 persen) dan operasional yang terdiri atas katering, akomodasi, logistik, dan lain-lain (33 persen). Dari sini, Paris 2024 mencanangkan strategi supaya dapat mencapainya.

Sepertiga dari perkiraan total emisi karbon Paris 2024 berhubungan dengan mobilitas atlet, ofisial, mitra, atlet, media, penonton, dan sukarelawan. Panitia Paris 2024 mengimbau semua orang untuk membantu mereduksi dengan memanfaatkan moda transportasi rendah emisi dan menggunakan transportasi umum.

Sebagai Worldwide Olympic Partner, Toyota berkontribusi terhadap tujuan mulia itu dengan melakukan kolaborasi bersama Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan Komite Paralimpiade Internasional (IPC), serta Komite Penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024.

Partisipasi tersebut selaras dengan Toyota Multi Pathway Strategy dengan menghadirkan 3.374 sustainable mobility solution, melalui pilihan kendaraan elektrifikasi, mulai dari Hybrid EV, Plug In Hybrid EV, Battery EV, dan Fuel Cell EV.

Jumlah kendaraan yang dioperasikan sudah dioptimalkan, sehingga lebih sedikit 40 persen dari event sebelumnya. Dengan begitu, Toyota berharap upaya mengurangi emisi di ajang Paris 2024 dapat berjalan efektif dan sesuai target yang dicanangkan.
(skr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2684 seconds (0.1#10.140)