Buatan China, Jembatan Gantung Paling Menakutkan di Dunia

Sabtu, 17 Agustus 2024 - 23:00 WIB
loading...
Buatan China, Jembatan...
Jembatan Dadong River Gorge dijuluki sebagai jembatan gantung paling menakutkan di dunia. Foto/Oddity Central
A A A
JAKARTA - Jembatan yang membentang sepanjang 150 meter di atas Dadong River Gorge di Chongqing, China, dijuluki sebagai jembatan gantung paling menakutkan di dunia karena terlihat sangat tidak aman.

Beberapa tahun terakhir, video-video yang menampilkan kendaraan konstruksi berat melintasi jembatan sempit yang rapuh menjadi viral. Kekuatan jembatan yang tergantung sekitar 300 meter di atas ngarai sungai ini dipertanyakan.

Apalagi jembatan sejauh 240 meter ini tidak memiliki menara atau dasar untuk penyangga. Tumpuannya hanya mengandalkan empat kabel baja untuk menopang kendaraan hingga seberat 45 ton.



Oddity Central melansir, Sabtu (17/8/2024) jembatan ini memiliki lebar 12 meter atau hanya cukup untuk dilalui satu kendaraan. Meskipun dilengkapi dengan jaring pengaman di setiap sisi, satu langkah yang salah bisa berakibat fatal. Bahkan cukup sulit untuk dilalui dalam kondisi normal, apalagi jika harus melakukannya pada hari yang sangat berangin.

Jembatan gantung Dadong River Gorge ini sejatinya menjadi proyek sementara yang dirancang untuk memfasilitasi pembangunan Jembatan Shuangbao. Ketika selesai, jembatan ini akan menjadi jembatan lengkung ganda terbesar di dunia, membentang di atas Sungai Dadonghe dan Xiaohegou.



Namun, untuk membangun struktur megah ini, para pekerja perlu mencapai gunung kecil yang akan menopang lengkungan tengah jembatan tersebut. Maka, mereka menciptakan ide untuk membangun jembatan gantung sementara.

Jembatan ini bukanlah yang paling stabil di dunia, meskipun ketegangan horizontal dari empat kabel baja besar sejauh ini telah melakukan tugasnya dengan cukup baik. Tak ayal, China pun terkenal dengan infrastruktur yang mengesankan, dari jalan tol sungai yang tergantung hingga jalan layang yang menakjubkan.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1713 seconds (0.1#10.140)