Menilik Sejarah Toyota Fortuner di Indonesia Sebelum Hadirnya Model Terbaru Siang Nanti

Jum'at, 06 September 2024 - 07:37 WIB
loading...
Menilik Sejarah Toyota...
Toyota Fortuner generasi ketiga akan dikenalkan siang nanti dengan sejumlah perubahan. Foto: TAM
A A A
JAKARTA - PT Toyota Astra Motor (TAM) bakal meluncurkan Fortuner versi terbaru, Jumat (6/9/2024). Ini akan menjadi generasi ketiga yang muncul dipasarkan di Indonesia. SUV (Sport Utility Vehicle) ini memiliki sejarah panjang di Tanah Air.

Fortuner hadir di Indonesia sejak 2005. Saat itu statusnya masih CBU (Completely Built Up) alias Toyota masih mengimpornya secara utuh dari luar negeri.

Tapi, pada 2007 TAM mulai melakukan perakitan lokal karena permintaan Fortuner saat itu cukup tinggi. Kemudian saat fasilitas perakitan Toyota di Bangkok, Thailand, ditutup, maka proses perakitan Fortuner versi bensin dialihkan ke Indonesia.

Pada Agustus 2007, mulai dipasarkan di Indonesia Toyota Fortuner yang berbasis mesin diesel, dengan kode mesin 2KD-FTV 2.5 Liter D-4D atau Direct Four Stroke Turbo Common Rail Injection. Menggunakan teknologi baru sistem Common Rail, mesin diesel ini identik dengan mesin Toyota Kijang Innova versi diesel.

Pada awalnya varian diesel ini hanya diproduksi dalam bentuk manual, tetapi pada 2009 telah diluncurkan diesel bertransmisi otomatis.

Untuk semua mesin diesel, termasuk yang digunakan Kijang Innova, diimpor dari Thailand sebagai pusat pengembangan mesin diesel Toyota di Asia Tenggara.

Pada 2008, Toyota Fortuner generasi pertama mendapatkan penyegaran yang membuatnya terlihat lebih modern. Kemudian, facelift kedua dihadirkan pada 2011, dengan penambahan air scoop atau lubang udara pada kap mesin.

Berdasarkan permintaan konsumen, Toyota akhirnya merilis generasi kedua Fortuner, pada 16 Juli 2015, di Thailand. Sedangkan di Indonesia baru meluncur pada 22 Januari 2016, yang tersedia dalam tiga varian, yakni G, VRZ, dan SRZ.

Tipe VRZ adalah varian Diesel, sedangkan tipe SRZ adalah varian Bensin, mesin yang digunakan adalah 2.400 cc 2GD-FTV yang sama dengan Kijang Innova.

Khusus tipe VRZ, sudah dilengkapi dengan head unit touch screen dengan navigasi, Rear Entertainment System, Power Outlet untuk baris ke-2, start-stop engine, keyless start, all auto windows.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2289 seconds (0.1#10.140)