Toyota Melanjutkan Produksi Model-model Mobil yang Terlibat Kasus Uji Keselamatan

Jum'at, 06 September 2024 - 18:53 WIB
loading...
Toyota Melanjutkan Produksi...
Toyota. FOTO/ TMC
A A A
TOKYO - Toyota Motor pada hari Senin memulai kembali produksi tiga model yang dihentikan awal tahun ini di pabrik-pabrik di Jepang setelah raksasa otomotif itu mengakui adanya penyimpangan dalam uji keselamatan.



Toyota melanjutkan produksi SUV kompak Yaris Cross, Corolla Fielder dan Corolla Axio di pabrik grup tersebut di prefektur Miyagi dan Iwate di Jepang utara, kata juru bicara perusahaan kepada Nikkei Asia.

Seperti dilansir dari Asia Nikkei, perusahaan tersebut menghentikan produksinya pada awal Juni karena Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang memerintahkan perusahaan tersebut untuk menghentikan pengiriman domestik dari model yang terkena dampak.

Meskipun para pembuat mobil harus melakukan pengujian berdasarkan persyaratan khusus yang ditetapkan oleh kementerian, Toyota mengatakan pada bulan Juni bahwa permohonan sertifikasi tersebut memiliki "data yang tidak mencukupi dalam pengujian perlindungan pejalan kaki dan penumpang".

Kejanggalan terjadi setelah grup perusahaan termasuk Hino Motors, Daihatsu Motor dan Toyota Industries melaporkan masalah serupa.

Kementerian transportasi memeriksa kantor pusat Toyota di prefektur Aichi, Jepang tengah, pada bulan Juni atas skandal tersebut dan mengeluarkan perintah perbaikan kepada perusahaan tersebut pada bulan Juli.

“Kami meminta maaf kepada pelanggan dan pemegang saham kami atas kekhawatiran dan masalah yang kami timbulkan,” kata Presiden Toyota Koji Sato pada rapat pemegang saham tahunan perusahaan pada bulan Juni.

Toyota menyampaikan laporan kepada kementerian yang merinci bagaimana mereka akan mencegah terulangnya masalah ini pada bulan lalu setelah kementerian mencabut perintah untuk menunda pengiriman ketiga model tersebut.

Penjualan Toyota di Jepang pada bulan Juni turun 14,4 persen menjadi 121.533 kendaraan dibandingkan bulan yang sama tahun lalu.

Melanjutkan produksi diharapkan dapat membantu menghidupkan kembali penjualan secara bertahap.

Toyota juga mengatakan akan melanjutkan operasi di seluruh 14 pabrik di Jepang yang ditutup sementara sejak minggu lalu akibat Topan Shanshan saat badai melemah.

Mazda Motor, yang pada hari Rabu mengumumkan penutupan dua pabriknya di prefektur Hiroshima dan Yamaguchi di Jepang barat karena masalah keamanan topan, mengatakan kepada Nikkei bahwa mereka akan memulai kembali operasi di kedua fasilitas tersebut pada hari Senin.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1370 seconds (0.1#10.140)