Toyota Raize hanya Dapat 1 Bintang dari NCAP saat Uji Benturan

Selasa, 10 September 2024 - 12:17 WIB
loading...
Toyota Raize hanya Dapat...
Toyota Raize. FOTO/ NCAP GLOBAL
A A A
Toyota Raize hanya mendapat peringkat Bintang 1 dalam uji pelanggaran keselamatan Program Penilaian Mobil Baru untuk Amerika Latin (Latin NCAP) yang baru-baru ini dilakukan.



Menurut Latin NCAP, Raize mendapat skor 40,54% untuk perlindungan penumpang dewasa, 71,57% untuk perlindungan penumpang anak-anak, 58,7% untuk perlindungan pejalan kaki dan pengguna jalan yang rentan, serta 58,14% untuk bantuan keselamatan.

Dalam laporan tersebut juga disebutkan bahwa dampak benturan dari depan menunjukkan struktur yang tidak stabil dan hanya memberikan perlindungan marginal pada dada pengemudi.

Sedangkan benturan samping memberikan sedikit perlindungan pada bagian dada dan terdapat komponen terkait yang masuk ke area penumpang sehingga meningkatkan risiko cedera pada penumpang.

Menurut Latin NCAP, karena pelindung kepala samping yang tidak standar, Raize diberi skor nol dalam uji benturan pilar samping dan mendapat penalti karena kurangnya pelindung kepala di barisan depan dan belakang.

Toyota Raize hanya mendapat 1 Bintang dalam tes NCAP Amerika Latin; cuma dikasih 2 airbag, no ADAS

Namun hasil pengujian yang dilakukan Latin NCAP belum bisa dikaitkan dengan Perodua Ativa di Malaysia karena model yang dijual di wilayah tersebut memang dibekali dengan aspek keselamatan yang rendah.

Raize didatangkan dari Indonesia dan bukan dari Jepang, yang hanya dibekali dua airbag, sistem ESC dan tanpa sistem bantuan pengemudi lanjutan (ADAS).

“Sangat mengecewakan bahwa Toyota sekali lagi terlibat dalam penjualan mobil dengan tingkat keselamatan rendah untuk negara-negara tertentu di kawasan ini, seperti Raize. Kami tahu bahwa merek tersebut dapat mencapai kinerja yang lebih baik dalam keselamatan kendaraan, jadi kami sangat menyerukan kepada perusahaan untuk mempertimbangkan kembali strategi peralatan keselamatannya dan melakukan penilaian keselamatan pada modelnya sehingga konsumen mengetahui kinerja sebenarnya,” kata Ketua Latin NCAP Stephan Brodziak seperti dilansir dari Autopro.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1609 seconds (0.1#10.140)