Dijegal Amerika Serikat, Mobil Listrik China Semakin Banting Harga

Senin, 16 September 2024 - 21:31 WIB
loading...
Dijegal Amerika Serikat,...
Mobil Listrik China . FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
NEW YORK - Bahkan setelah kenaikan tarif besar-besaran Amerika Serikat terhadap kendaraan listrik impor China mulai berlaku, beberapa model akan tetap lebih murah dibandingkan mobil Amerika.



Hal ini merupakan pertanda besarnya tantangan yang dihadapi kebijakan kendaraan listrik di Amerika Serikat.

Bea masuk 100 persen terhadap kendaraan listrik, diumumkan pada hari Jumat dan akan mulai berlaku pada 27 September setelah peninjauan selama empat tahun berdasarkan apa yang disebut oleh Kantor Perwakilan Dagang AS. sebagai praktik perdagangan yang tidak adil.

KITA. mengimpor beberapa kendaraan listrik dari China, sehingga langkah pemerintah tersebut, yang merupakan bagian dari kenaikan tarif yang lebih luas terhadap barang-barang China, sebagian besar bersifat preventif dan dimaksudkan untuk memberi waktu bagi industri Amerika untuk mengejar ketertinggalannya.

“Kebijakan industri China yang menargetkan kendaraan listrik dapat mengancam investasi federal di sektor ini,” kata USTR dalam pemberitahuan tindakannya pada hari Jumat 12 September 2024, seperti dilansir dari Asia Nikkei.

Meskipun AS berupaya mempercepat transisi ke kendaraan listrik dengan bantuan pemerintah, China tetap memimpin dalam hal produksi dan adopsi setelah melakukan upaya nasional selama satu dekade.

Kendaraan listrik menyumbang lebih dari 10 persen penjualan kendaraan di AS. pada bulan Juli, namun di China, rasionya sekitar 50 persen jauh di atas rata-rata global yang sekitar 20 persen, menurut perusahaan riset pasar MarkLines.

KITA. kurangnya infrastruktur dan model pengisian daya EV dalam kisaran harga pasar massal.

Sementara itu, produsen mobil besar Tiongkok seperti BYD menggunakan rantai pasokan domestik yang luas untuk membantu mereka bersaing di pasar yang padat, dengan menawarkan kendaraan listrik dengan harga di bawah USD25.000.

Di AS, Tesla juga belum pernah mencapai kisaran harga di bawah USD30.000 dan belum ada kendaraan listrik Amerika yang semurah kendaraan bertenaga bensin.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1531 seconds (0.1#10.140)