Bukan 4 atau 2 Stroke Lagi, Porsche Siapkan Mesin 6 Tak

Minggu, 22 September 2024 - 11:16 WIB
loading...
Bukan 4 atau 2 Stroke...
Porsche Siapkan Mesin 6 TaK. FOTO/ CARSCOOPS
A A A
CALIFORNIA - Beberapa tahun terakhir, dunia otomotif nampaknya sepi dengan berkembangnya mesin pembakaran baru akibat berkembangnya teknologi mobil listrik.



Seperti dilansir dari Autopro, Bagi sebagian besar pecinta otomotif, kita sudah terbiasa mendengar istilah-istilah seperti mesin 2 stroke (Tak) bahkan mesin 4 tak yang digunakan hampir semua mobil saat ini.

Mesin 4 tak mengacu pada 4 proses mesin yang berjalan dalam satu siklus mesin, yang melibatkan 2 putaran poros engkol. Siklus mesin 4 langkah diawali dengan langkah masuk, langkah kompresi, langkah tenaga dan terakhir langkah buang. Hampir semua mesin di dunia menggunakan metode yang sama dengan 4 langkah penuh yang terjadi pada sudut 720 derajat

Sebagai perusahaan teknik otomotif tua, Porsche kembali membuat banyak pecinta otomotif menggaruk-garuk kepala dengan ide barunya berupa mesin 6 tak dalam satu siklus mesin.

Dalam berkas paten melalui Kantor Paten & Merek Dagang AS, Porsche mengungkapkan bahwa mereka sedang melakukan penelitian dan pengembangan untuk menghasilkan mesin 6 tak baru, yang melibatkan penambahan 2 langkah kompresi dan satu langkah tenaga pada 4 langkah yang sudah ada (intake, kompresi). , tenaga & knalpot).

Menurut Porsche, proses 6 tak ini sebenarnya merupakan mesin 3 tak yang dipadukan dalam satu siklus. 3 tak ditambah 3 tak, hasilnya mesin 6 tak. Sebenarnya kami mencoba merangkum apa yang coba disampaikan oleh dokumen setebal 81 halaman itu

Menurut dokumen paten Porsche, proses 6 tak mencakup 2 siklus mesin 3 tak dimulai dari kompresi - kompresi - tenaga diikuti kompresi - tenaga - pembuangan. 2 pukulan tambahan ini dilakukan dengan bantuan poros engkol yang berputar pada komponen tambahan yang disebut Annulus.

Annulus ini membantu mesin untuk beroperasi dengan langkah mesin yang beroperasi pada jarak yang berbeda-beda, artinya mesin Porsche ini memiliki 2 rasio kompresi, 2 titik tertinggi (titik mati atas) dan 2 titik terendah (titik mati bawah) yang dilalui piston.

Menurut berkas paten ini, tujuan utama mesin 6 tak adalah menghasilkan tenaga lebih besar. Jika diperhatikan ada 2 langkah tenaga pada mesin ini.

Porsche juga menyatakan bahwa mesin ini akan memberikan umur yang lebih panjang di masa depan mesin pembakaran internal, memastikan mesin tersebut tetap relevan dalam dunia mobil listrik.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1426 seconds (0.1#10.140)