Jangan Tergoda Harga Murah, Lakukan Hal Ini sebelum Beli Mobil Bekas

Kamis, 26 September 2024 - 15:03 WIB
loading...
Jangan Tergoda Harga...
Mobil bekas menjadi pilihan banyak masyarakat Indonesia ketimbang mobil baru. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mobil bekas menjadi pilihan banyak masyarakat Indonesia ketimbang mobil baru lantaran memiliki dana terbatas. Namun, memilih mobil bekas harus ekstra teliti agar tidak tertipu dan menanggung masalah besar di kemudian hari.

Saat ini, banyak yang menawarkan mobil bekas, baik melalui platform digital maupun showroom. Disarankan memboyong mobil bekas didampingi dengan orang yang ahli demi mendapatkan unit terbaik.

Berikut langkah-langkah dalam membeli mobil bekas seperti dibagikan Auto2000 :

1. Minta Bertemu Langsung


Pasar mobil bekas rawan penipuan, terlebih mereka yang memasarkannya di platform jual-beli online. Pastikan penjual mau bertemu langsung untuk transaksi dan bertemu di lokasi dan waktu yang aman. Apa pun alasannya, jangan mau membayar down payment jika belum ada kesepakatan langsung.


2. Cek Surat-Surat Kendaraan


Pastikan surat-surat resmi kendaraan yaitu STNK dan BPKB, dalam kondisi lengkap dan asli. Cek nomor rangka dan nomor mesin di kedua dokumen tersebut dan pastikan sama dengan di kendaraan.

3. Periksa Riwayat Servis Mobil


Calon pembeli harus menanyakan riwayat perawatan mobil secara detail supaya tidak menyesal kemudian. Mobil yang rutin servis berkala di bengkel resmi dapat memeriksa riwayat servis dengan mudah karena service record-nya lengkap.

4. Inspeksi Fisik Kendaraan


Selalu ada kemungkinan masalah pada fisik kendaraan akibat pemakaian setiap hari. Perhatikan perbedaan warna cat antar panel atau pertemuan antar panel yang tidak rapi. Kalau terlalu bersih dan rapi, atau menggunakan produk non orisinal, ada risiko pernah diperbaiki akibat kecelakaan.

Di sekitar rangka kendaraan kendaraan terdapat bekas pengelasan yang dilakukan saat proses produksi kendaraan. Jika titik-titik las ini sudah lenyap, artinya pernah dilakukan perbaikan besar. Cek kolong mobil yang paling rawan karat akibat banjir, termasuk bekas tabrakan yang mungkin terlihat.


5. Wajib Test Drive


Test drive memberikan kesempatan untuk merasakan langsung kondisi mobil dan potensi perbaikan yang dibutuhkan. Mobil bekas kecelakaan biasanya tidak stabil, bahkan jika rangka kendaraannya sudah kena tidak dapat berjalan lurus ke depan.

6. Booking Petugas THS Inspector


THS Inspector merupakan bagian dari layanan THS – Auto2000 Home Service yang menyediakan jasa pemeriksaan atau inspeksi mobil bekas oleh teknisi Auto2000 yang bersertifikat Toyota.

Terdapat sekitar 177 item pemeriksaan pada bagian eksterior, interior, mesin dan transmisi, serta mengecek keaslian dokumen penting kendaraan. Semua tuntas dikerjakan hanya waktu kurang dari 120 menit sejak mobil bekas diperiksa oleh teknisi.

Biaya layanan THS Inspector sangat bersaing dengan layanan lain oleh pihak ketiga, mulai dari Rp246.000. Harga ini tergantung pada jenis kendaraan yang diperiksa.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1190 seconds (0.1#10.140)