Sutradara I, Robot Murka ke Elon Musk, Dituduh Jiplak Desain Filmnya

Rabu, 16 Oktober 2024 - 09:15 WIB
loading...
A A A
Namun, klaim yang dibuat oleh Proyas telah disambut dengan skeptisisme online, dengan beberapa orang mengklaim bahwa filmnya sendiri adalah sebuah adaptasi tau turunan dari karya lain.

Beberapa orang membalas postingannya di X dengan gambar cyborg feminin dalam film ekspresionis Jerman Fritz Lang, Metropolis, dari tahun 1927.

Tetapi ini bukan pertama kalinya orang mempertanyakan apakah perusahaan teknologi mencari ide dari film dan novel fiksi ilmiah - terutama karena perusahaan mengembangkan gadget dan robotika baru untuk memanfaatkan minat dalam kecerdasan buatan (AI) generatif.

Musk sebelumnya mengatakan bahwa dia terinspirasi oleh The Hitchhiker's Guide to the Galaxy karya Douglas Adams, yang menampilkan robot humanoid Marvin the Paranoid Android.

Grok, chatbot AI-nya "dengan sedikit humor" yang dirancang untuk digunakan di X, kemudian terungkap dimodelkan di atasnya.
Dan dia juga menyebut Cybertruck futuristik Tesla terinspirasi dari mobil yang dikendarai Bladerunner.



Dugaan inspirasi teknologi dari film ini bukan terjadi pada Elon Musk. Sebelumnya, bos OpenAI, Sam Altman, tampaknya mengkonfirmasi perbandingan yang dibuat antara suara genit yang diluncurkan untuk ChatGPT dan asisten virtual yang diperankan oleh Scarlett Johansson dalam film Her pada 2013 dalam sebuah postingan di X pada bulan Mei.

Perusahaan menghapus suara "Sky" -nya setelah dikritik karena kemiripannya dengan suara Johansson - mengatakan itu tidak dimaksudkan sebagai "imitasi".

Johansson sendiri mengatakan bahwa dia merasa "marah" dan "terkejut" atas penggunaan suara tiruannya oleh perusahaantersebut.
(dan)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1517 seconds (0.1#10.140)