Ternyata Benar, Mobil Listrik Hemat 50% Biaya Perawatan dan Perbaikan

Minggu, 27 September 2020 - 06:00 WIB
loading...
Ternyata Benar, Mobil Listrik Hemat 50% Biaya Perawatan dan Perbaikan
Mobil listrik terbukti lebih hemat biaya perawatan dibanding mobil konvensional. Foto/Muh Iqbal M/SINDOnrews
A A A
JAKARTA - Harga mobil EV (electric vehicle/mobil listrik) mungkin lebih mahal daripada mobil berbahan bakar bensin . Namun ini terbayar ketika bicara biaya operasional kendaraan. (Baca juga: Debut Mengecewakan Thiago Silva Warnai Hasil Imbang Chelsea di Markas WBA )

Ya mobil berbahan bakar bensin memang harganya di bawah mobil listrik. Namun pemiliknya harus dua kali lipat mengeluarkan uag untuk perbaikan dan pemeliharaan selama masa pakai kendaraan.

Menurut data dan analisis baru dari Consumer Reports, pemilik mobil listrik plug-in menghemat 50% untuk pemeliharaan dan perbaikan dibandingkan mobil berbahan bakar bensin. Saat kami menunggu EV mencapai keseimbangan harga dengan kendaraan ICE, publik seluler dapat merasa tenang mengetahui bahwa faktor biaya kepemilikan "dibayar" kontan dengan penghematan besar terkait kepemilikan mobil listrik.

Consumer Reports menggunakan data dari survei keandalan tahun 2019 dan 2020, yang mencakup informasi tentang ribuan kendaraan listrik dan gas. Analisis menyimpulkan bahwa pengemudi mobil listrik (BEV dan PHEV) menghemat rata-rata 50% dibandingkan mobil berbahan bakar bensin dalam hal pemeliharaan dan perbaikan selama masa pakai kendaraan. Temuan ini didefinisikan sebagai 200.000 mil.

Publik automotif akan memiliki detail lebih lanjut di kemudian hari karena Consumer Reports telah merilis data ini sebagai bagian kecil dari buku putih lengkap mendatang yang membandingkan data biaya kepemilikan untuk kendaraan listrik dan gas. Studi tersebut juga menemukan fakta bahwa kendaraan listrik menghasilkan rata-rata emisi gas rumah kaca 60% lebih sedikit daripada mobil berbahan bakar gas.

Temuan tentang biaya pemeliharaan dan perbaikan ini adalah bagian dari buku putih yang akan diungkap oleh Consumer Reports. Ini membandingkan biaya kepemilikan kendaraan bertenaga listrik dan gas.

Buku putih lengkap akan diterbitkan dalam beberapa pekan mendatang. Untuk laporan ini, "masa pakai kendaraan" didefinisikan sebagai 200.000 mil.

"Listrik tidak membutuhkan banyak perawatan seperti mobil bertenaga gas, dan meskipun perbaikan tidak selalu lebih murah, mereka lebih jarang dibutuhkan. Selain lebih mudah dan murah perawatannya, banyak EV memberikan akselerasi yang lebih baik dibandingkan ke kendaraan bertenaga gas, dan jangan memompa polusi berbahaya ke udara kita," kata Associate Director of Consumer Reports 'Auto Test Center', Gabe Shenhar.

Data Consumer Reports menunjukkan biaya perawatan dan perbaikan berikut untuk mobil BEV, PHEV, dan ICE:
- BEV: USD0,03/mil
- PHEV USD0,03/mil
- ICE: USD0,06 /mil (Baca juga: Sanksi AS Tak Halangi Huawei Lahirkan Mate X2, Paten Ini Buktinya )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1896 seconds (0.1#10.140)