Truk Pemadam Kebakaran Listrik Pertama Siap Taklukkan 'Si Jago Merah'

Minggu, 27 September 2020 - 09:04 WIB
loading...
Truk Pemadam Kebakaran Listrik Pertama Siap Taklukkan Si Jago Merah
Rosenbauer meluncurkan tiga truk pemadam kebakaran elektrik perintis yang disebut Teknologi Revolusioner (RT). Foto/Ist
A A A
AMSTERDAM - Produsen kendaraan pemadam kebakaran Rosenbauer baru-baru ini meluncurkan tiga truk pemadam kebakaran elektrik perintis yang disebut "Teknologi Revolusioner" (RT). Kendaraan ini segera memulai pengujian operasi oleh peminatnya di Berlin, Amsterdam, dan Dubai . Butuh tiga tahun untuk sampai pada titik ini. (Baca juga: UGM Jadi Tuan Rumah Forum Diskusi Teknik Elektro Internasional )

Plug-in hybrid RT (sebenarnya tipe EREV) telah ditampilkan awal tahun ini. Ini didukung oleh teknologi Volvo Penta (bagian dari Volvo Group , yang mencakup juga Volvo Trucks dan Volvo Buses), sehingga truk pemadam ini dapat diandalkan seperti bus listrik .

"Kendaraan pemadam kebakaran tangki hibrida jauh di depan kendaraan standar modern dalam hal manfaat taktis operasionalnya, opsi pemuatan dan peralatan pemadam kebakaran, dan revolusioner dalam segala hal," kata perwakilan perusahaan Rosenbauer dilansir insideevs.com.

"Teknologi penggerak, arsitektur kendaraan, pengoperasian dan konektivitas khususnya revolusioner, menjadikan RT ideal untuk tugas sehari-hari pemadam kebakaran di masa depan," katanya lagi.

Paket baterai standarnya relatif kecil, yakni 50 kWh dan ada juga opsi 100 kWh, tetapi hanya cukup untuk dioperasikan pada jarak pendek. Setelah baterai habis, ada generator diesel, yang menyediakan listrik seperti pada kendaraan listrik jarak jauh klasik.

Dengan penggerak roda ganda (total 360 kW), RT dilaporkan berakselerasi secepat penyelamat bandara dan kendaraan pemadam kebakaran dengan mesin 1.000 HP. RT juga siap memasok daya untuk titik peregangan. Ini dapat memberi daya pada beberapa perangkat eksternal, seperti kipas atau pompa submersible, secara bersamaan, dengan konsumsi daya total hingga 18 kW. Pompa air pemadam dioperasikan baik secara elektrik dengan generator atau dengan range extender (mesin diesel). (Baca juga: Buat Vaksin Enggak Boleh Ngasal, Ini Proses Panjang yang Harus Dilalui )

Spesifikasi “Revolutionary Technology”:
- Baterai 50 kWh (standar, 550 kg) atau 100 kWh (opsi)
- Penggerak listrik Volvo Penta
- Penggerak semua roda motor ganda (satu motor listrik per poros, masing-masing dengan kotak roda gigi dua kecepatan)
- Output sistem hingga 360 kW (490 HP) dan hingga 50.000 Nm untuk semua roda
- Mesin diesel enam silinder dengan output 200 kW (272 HP) dan generator listrik
- Pengisian daya cepat DC hingga 150 kW (50-80% dalam satu jam untuk versi 100 kWh)
- Fitur ekspor daya hingga 18 kW
- Lebar 2,35 m dan panjang 7,30 m dengan jarak sumbu roda 3.800 m (juga tersedia dengan jarak sumbu roda 4.100 mm dan 4.400 mm), tinggi 2,90 m
- Berat total 18 ton
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1997 seconds (0.1#10.140)