Huawei Bertekad Jadi Produsen Mobil Pintar seperti Tesla

Rabu, 30 September 2020 - 00:09 WIB
loading...
Huawei Bertekad Jadi Produsen Mobil Pintar seperti Tesla
Kesuksesan Tesla di pasar juga sepertinya menginspirasi dan meyakinkan Huawei untuk menjadi lebih dari sekadar vendor komponen otomotif. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Huawei dilaporkan mulai mengerjakan bisnis mobil pintar. Sepertinya Huawei ingin melebarkan sayap dengan berinovasi di industri otomotif China.
BACA JUGA - Ancaman Tsunami 20 Meter, BMKG Minta Mitigasi Bencana Terburuk Dipersiapkan

Meski lebih dikenal sebagai perusahaan infrastruktur telekomunikasi dan produsen smartphone, Huawei memiliki banyak jalur bisnis.

BACA JUGA - Teliti Aktivitas Seismic Gap, ITB Ungkap Potensi Gempa Besar dan Tsunami di Selatan Pulau Jawa

Misalnya pada 2013, Huawei membentuk divis baru yang bertugas untuk mengembangkan produk mobil otonom.

Meski begitu, Huawei belum sepenuhnya terjun dalam produksi mobil otonom. Sejauh ini, Huawei baru sebatas melayani cloud di mobil, kokpit canggih, dan platform self-driving.

Saat ini, Huawei telah menjalin kesepakatan bisnis untuk mengembangkan aplikasi 5G dengan 18 pembuat mobil di China.

Selain itu, Huawei juga telah memiliki layanan HiCar. Layanan ini memiliki kemampuan menjadi platform hiburan dalam mobil, yang mirip dengan CarPlay Apple.

Sebelumnya, Huawei mungkin tidak terlalu fokus pada bisnis otomotifnya. Namun, saat ini bisnis gawai Huawei tak dapay dipungkiri masih dalam tekanan, terlebih setelah diboikot oleh Amerika Serikat.

Didasari hal tersebut, Huawei sepertinya mulai mencoba fokus di sektor otomotif, karena melihat potensi yang menjanjikan di bisnis ini.

Kesuksesan Tesla di pasar juga sepertinya menginspirasi dan meyakinkan Huawei untuk menjadi lebih dari sekadar vendor komponen otomotif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1378 seconds (0.1#10.140)