Provokasi Lexus Agar Orang Kaya Mau Offroad

Rabu, 07 Oktober 2020 - 14:02 WIB
loading...
Provokasi Lexus Agar Orang Kaya Mau Offroad
Lexus mencoba membuat sebuah mobil konsep agar pemilik Lexus mau offroad Foto / Lexus
A A A
JAKARTA - Lexus rupanya jengah juga jika mobil-mobil SUV mewah buatan mereka dibuat hanya untuk jalan-jalan di kota. Berangkat dari kejengahan itulah akhirnya mereka membuat sebuah mobil contoh berbasis Lexus LX 570 yang tidak hanya bisa digunakan untuk mejeng tapi juga bertempur di medan berat. Nama mobil konsep itu adalah Lexus J201 Concept.

Untuk mobil konsep itu Lexus sebenarnya tetap menggunakan mesin yang ada di Lexus LX 570 yaini mesin bensin V8 dengan kapasitas silinder 5,7 liter. Mesin itu bisa menggelontorkan tenaga sebesar 362 daya kuda dan torsi maksimal 530 Nm. (Baca juga : The Survivor, Motor Listrik Anak Bangsa untuk Korban Pandemi )

Tapi rupanya itu belum cukup jika dipakai untuk bertempur offroad. Mereka pun menambah tenaga di mesin melalui skema induksi, supercharged yang dibuat oleh Magnuson. Alhasil tenaga jadi terdongkrak hingga 550 daya kuda dan torsi maksimal 745 Nm. Seluruh tenaga itu disalurkan melalui transmisi otomatis 8 percepatan ke sistem penggerak empat roda yang sudah menggunakan sistem diferensial dari ARB Air Locker.

Provokasi Lexus Agar Orang Kaya Mau Offroad


Agar kemampuan off-roadnya meyakinkan, Lexus berkolaborasi dengan beberapa pihak yang sudah mumpuni di bidang offroad. Misalnya untuk penguatan suspensi, Lexus meminta Icon Dynamics Vehihcle agar suspensi Lexus J201 Concept semakin tangguh di medan berat.

Tidak hanya itu Icon Dynamics Vehicle mengkalibrasi ulang sensor ketinggian agar lebih mampu membaca kondisi jalan yang akan ditempuh. Jadi mobil bisa mengangkat dirinya jadi lebih 121,9 milimiter untuk bagian depan dan 104,1 milimeter di bagian buritan.

Untuk dandanan mereka juga meminta pelaku bisnis off-road yang tidak main-main. Bumper depan mobil ini dibuat langsung oleh CBI. Bagian bumper dikombinasikan dengan light bar yang dibuat oleh Rigid Industries. Sementara Warn Industries menyiapkan Zeon 10-S Winch yang bisa digunakan untuk menarik mobil jika terjebak oleh medan yang sangat berat.

Sektor "sepatu mobil" juga ikut diganti, kali ini ban standar Lexus LX570 diganti dengan ban General Grabber X3 berukuran 285/70 R17 yang dipasang dengan velg Evo Corse. Untuk pengereman, Lexus bekerjasama dega Stoptech yang menyiapkan rem khusus performa tinggi. (Baca juga : Modifikator Indonesia Menembus Pasar Modif Dunia, Mungkinkah? )

Bagian bawah mobil juga terlindungi secara komprehensif. Untuk penanganan struktur mobil di bagian bawah, khsusnya pembuatan rock sliders dan skid plate, Lexus meminta CBI menyiapkan kebutuhan itu. Rock sliders tersebut dipastikan mampu menjaga tangki bensin mobil dari beratnya medan jalan yang ditempuh.

Untuk bumper belakang, CBI sekali lagi yang ditugaskan Lexus menangani bagian itu. Mereka juga yang menyiapkan tangga berukuran kompak di bagian belakang mobil guna memudahkan pengendara mobil naik ke atap mobil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1731 seconds (0.1#10.140)