Pasta Gigi bukan Penangkal Tepat Paparan Gas Air Mata

Jum'at, 09 Oktober 2020 - 00:02 WIB
loading...
Pasta Gigi bukan Penangkal Tepat Paparan Gas Air Mata
ilustrasi pemakaian gas air mata saat aksi demo. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Dalam sebuah kericuhan, pihak berwenang sering kali menembakan gas air mata untuk membubarkannya. Di saat situasi tersebut, pasta gigi dipercaya sebagai alat penangkal paparan gas air mata.

Baca Juga: as air mata biasanya pasta gigi digunakan dengan mengoleskannya di bawah mata. Hal ini diyakini dapat mencegah dan mengurangi rasa perih akibat gas air mata.

Meski begitu, sudah sering kali para dokter mata menjelaskan bahwa upaya tersebut hanys mitos. Pasta gigi tidak bisa menghalau gas air mata menimbulkan iritasi, tapi bisa digunakan untuk mendinginkan kelopak mata.

BACA JUGA - Giliran Isuzu X-Series Bikin Panas Dingin Hilux dan Triton

Bahkan, dilansir dari berbagai sumber, pasta gigi bisa sangat berbahaya jika masuk ke mata. Sebab, gas air mata bekerja karena terhirup, bukan terjadi kontak langsung dengan mata.
BACA JUGA- Industri Otomotif Sekarat Akibat Corona, Honda Turunkan Harga Motor

Untuk mengurangi efek paparan gas air mata bisa dengan menyiramkan air bersih ke mata dan wajah. Jika sakit berlanjut dan semakin parah, harus segera diperiksakan ke medis.

Namun, agar lebih aman dari paparan gas air mata , lebih baik menggunakan masker pelindung yang memang diperuntukan menghindari paparan zat kimia serupa.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1454 seconds (0.1#10.140)