Jawaban Mercedes-Maybach atas Tantangan Bentley dan Rolls-Royce

Minggu, 25 Oktober 2020 - 10:30 WIB
loading...
Jawaban Mercedes-Maybach atas Tantangan Bentley dan Rolls-Royce
Mercedes-Maybach GLS600 jadi SUV termahal dan termewah yang dibuat oleh Mercedes-Benz. Foto / Netcarshow
JAKARTA - Persaingan segmen SUVluxurysemakin ketat setelah Mercedes-Maybach mengeluarkan produk terbaru Mercedes-Maybach GLS 600 yang diklaim termahal di kelas SUV Mercedes-Benz. Keinginan Mercedes membuat SUV termahal memang tidak lepas dari provokasi Bentley dan Rolls-Royce yang sudah masuk ke pasar SUV luxury. Mercedes-Benz sepertinya tertarik karena Bentley Bentayga berhasil menjual sebanyak 6.000 unit SUV terkencang di dunia itu hingga tahun ini.

Belum lagi performa Rolls-Royce Cullinan yang memang mampu mencuri perhatian. Hal itulah yang membuat Mercedes mencoba mengganggu zona nyaman Bentley dan Rolls-Royce. Bagi Mercedes, mobil ini akan jadi SUV termahal yang pernah dibuat oleh Mercedes-Maybach. Untuk membawa pulang mobil itu calon pemilik harus menggelontorkan uang sebesar USD161.500 atau setara Rp2,38 miliar. (Baca juga : Volcon Grunt, Motor Listrik Offroad yang Bisa Berenang )



Jawaban Mercedes-Maybach atas Tantangan Bentley dan Rolls-Royce




Dengan harga sebesar itu Mercedes berupaya membuat SUV kelas atas. Uniknya mereka menginterpretasikan tampilan mewah itu dengan tampilan mengilap. Misalnya grille yang didesain berpalang horizontal tipis mengilap. Permukaan metalik juga mengisi jaring kanal udara bumper, hingga bingkai dekoratif di sisi luar. Masih di fasad, skid plate sebagai ciri kodrat SUV tidak ketinggalan dilapis krom. Belum selesai, ornamen kromium ini bisa dilihat pada pilar B, roof rail, side skirt serta garnis dekorasi buritan.

Melirik profil samping, pelek gambot 22 dan 23 inci didesain spesifik bagi GLS. Untuk model multispoke diameter 23 inci, dirancang mengalirkan motif grille. Pada tubuh, paduan kelir dwiwarna khas Maybach kontras terpisah di belt line. Total ada delapan kombinasi elegan dapat dipilih para konsumen miliuner. Sebagai penekanan, emblem Maybach dipamerkan pada pilar D.

Jawaban Mercedes-Maybach atas Tantangan Bentley dan Rolls-Royce


Identitas Maybach pada buritan diguratkan oleh scuff plate, membingkaikan knalpot mengotak. Kurang lebih itu kumpulan ciri khas eksterior dari lambang royal nan glamor asal Jerman. Sektor kabin jadi pusat seluruh kemewahan Maybach GLS 600. Mereka tidak mengubah jarak sumbu roda, namun akomodasi penumpang dikurangi demi kenyamanan ala first class. Pilihan konfigurasi menjadi lima penumpang saja sebagai model paling murah. Sisi terluar dapat diatur merebah. Permukaan empuk dan dasbor dibungkus Nappa Leather. Konsumen bisa leluasa memilih pola dan warna jahitan sesuai keinginan. Sebagai peranti standar, kursi dilegkapi pemanas, ventilasi serta alat pijat. (Baca juga : Apple dan Porsche Siapkan Kabin Taycan Jadi Studio Karaoke )

Jawaban Mercedes-Maybach atas Tantangan Bentley dan Rolls-Royce


Jika diminta, Maybach dengan senang hati mengubah komposisi interior jadi empat penumpang saja. Kalau ini dilakukan, kabin GLS ditransformasi bak dalam kapal yacht. Konsol tengah paten dilengkapi meja lipat. Bahkan ada kulkas khusus botol sampanye. Gelas flute juga bisa dibeli sebagai aksesori tambahan. Ekstra opsional lain disebut Air Balance, merupakan parfum khusus dikembangkan untuk GLS 600. Kenyamanan kabin ditunjang oleh suspensi Airmatic dengan Adaptive Damping System Plus. Ini adalah bagian tambahan E-Active Body Control yang disetel oleh Maybach.



Pemandu laju SUV supermewah ini mengandalkan unit V8 4 .0 liter Twin Turbo. Jantung pacu Maybach GLS 600 sanggup mengail tenaga hingga 558 hp dengan torsi maksimum 730 Nm. Tambahan daya 22 hp serta momen puntir 250 Nm dapat digelontorkan untuk beberapa saat melalui sistem EQ Boost. Dikatakan spek AS mampu mencapai 100 kpj dalam tempo 4,8 detik. Kecepatan maksimum dibatasi sampai 209 kpj saja, namun pasar Eropa diberikan keleluasaan sampai 250 kpj.
(wsb)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE