Wisuda dan Dies Natalis Hybrid 2020, PNJ Raih Prestasi Sains dan Teknologi

Minggu, 25 Oktober 2020 - 11:17 WIB
loading...
Wisuda dan Dies Natalis Hybrid 2020, PNJ Raih Prestasi Sains dan Teknologi
Ilustrasi Teknologi. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Masih maraknya pandemi Covid-19 di Indonesia, mendorong kampus Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) menggelar wisuda ke-36 dan dies natalis ke-38 secara hybrid yang digelar pada Sabtu, 24 Oktober 2020 di Trans Studio Cibubur.

. BACA JUGA - Lebih Besar dan Sangar, Nih! Tampang Asli All New Mitsubishi Outlander

Wisuda hybrid itu sendiri adalah penerapan perpaduan dimana sebagian peserta hadir langsung (offline) dan lainnya hadir secara online. Wisuda hybrid yang dilakukan pada tahun akademik 2019/2020 ini bertema "Dengan Sistem Pendidikan Berbasis Industri, PNJ Meluluskan Tunas Bangsa yang Kompeten, Berkarakter, dan Berdaya Saing Internasional". Pada wisuda ini PNJ mewisuda 2.173 orang (1.064 wisudawan dan 1.109 wisudawati) yang berasal dari berbagai jurusan dan program studi di kampus PNJ.

BACA JUGA - Paket Sound System yang Cocok untuk Rapat dan Conference

Termasuk di dalam para wisudawan/wisudawati tersebut ialah para siswa program kerja sama PNJ dengan berbagai industri dan perguruan tinggi seperti kerja sama dengan PT Badak LNG, PT PLN, PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk., PT Solusi Bangun Indonesia, CCIT Universitas Indonesia, AKN Pekalongan, AKN Demak, Swadharma dan STTJ. Sejak tahun 1984 hingga tahun 2020 PNJ tercatat telah mewisuda sebanyak 3.216 lulusan program kerja sama. Total, hingga 24 Oktober 2020 hari ini, PNJ telah meluluskan 38.107 orang, terdiri dari 24.159 lulusan bidang rekayasa dan 13.948 lulusan bidang bisnis.

Bagi PNJ, merupakan capaian dari proses panjang pendidikan yang telah diberikan kepada para mahasiswa. Selama masa studi, tanpa kenal lelah, dan dengan disiplin tinggi, para wisudawan telah berhasil melalui berbagai tahapan, tantangan, dan ujian yang sangat berat hingga mencapai puncaknya saat dinyatakan lulus dan diwisuda.

“PNJ bangga atas daya juang dan prestasi yang dimiliki, sehingga mampu menyelesaikan studi dengan baik karena mahasiswa PNJ adalah yang terseleksi dengan baik dan ketat,” Ucap Direktur Politeknik Negeri Jakarta, Dr. sc. Zainal Nur Arifin, Dipl. Eng. HTL. MT, dalam sambutannya.

Sebagai catatan, rasio pendaftar PNJ pada tiga tahun terakhir terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2020 jumlah pendaftar mencapai 34.128 orang sementara daya tamping PNJ adalah 2.125 mahasiswa. Dengan demikian, rasio yang mendaftar dan yang diterima berkuliah di PNJ adalah 1:16.

Pada Dies Natalis ini, PNJ juga memberikan penghargaan tanda jasa kepada beberapa tokoh yang sudah berkontribusi dalam pengembangan Politeknik dan Pendidikan Vokasi di Indonesia. Penghargaan pertama diberikan kepada Almarhum Hadi Waratama sebagai Founding Father Politeknik di Indonesia. Penghargaan kedua diberikan kepada Almarhum Kokok Haksono yang telah berjasa dalam pengembangan pendidikan Politeknik di Indonesia. Penghargaan ketiga kami persembahkan kepada Dr. Ir. Patdono yang telah berjasa dalam pengembangan pendidikan vokasi di Indonesia.

Dengan berbagai kebijakan, kerja keras, dan doa, PNJ, pada tahun 2019, telah mencapai sejumlah prestasi seperti: (i) menjadi 10 perguruan tinggi vokasi terbaik versi Kemenristekdikti, (ii) ranking 5, prestasi bidang kemahasiswaan Pendidikan Vokasi, (iii) 90% prodi mendapatkan akreditasi B, (iv) 250 publikasi internasional PNJ terindeks pada web of science dan scopus, dalam jurnal, prosiding, atau buku; 3.060 publikasi nasional terpublikasi, dalam bentuk jurnal, prosiding, atau buku, (v) pada tahun 2020 ini, PNJ memperoleh 8 Program Hibah Penguatan Pendidikan Tinggi Vokasi (PPPTV) dari Direktorat Jenderal Vokasi, Kemendikbud, dan (vi) kerja sama tridarma perguruan tinggi dengan perguruan tinggi luar negeri, antara lain dengan 1) Asia e-University, 2) Management and Science University (MSU), 3) Politeknik Melaka-Malaysia, 4) Waikato Instutute of Technology-New Zealand, 5) National Chin Yi University of Science and Technology , 6) National Yunlin University of Science and Technology-Taiwan, dan 7) Politeknik Kinabalu Malaysia

Sebanyak 677 orang (31%) dengan predikat cum laude. Adapun rincian jumlah wisudawan/wisudawati setiap jurusan sebagai berikut.

1 Magister Terapan Teknik Elektro 14
2 Jurusan Teknik Sipil 228
3 Jurusan Teknik Mesin 287
4 JurusanTeknik Elektro 414
5 Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan 347
6 Jurusan Akuntansi 327
7 Jurusan Administrasi Bisnis 219
8 Jurusan Teknik Informatika dan Komputer 236
9 Program Studi Manajemen Pemasaran WNBK 27
10 PDD AKN Kota Pekalongan 37
11 PDD AKN Kabupaten Demak 37
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1811 seconds (0.1#10.140)