Terpilih Lagi, Perdana Menteri Selandia Baru Beli Mobil Baru

Selasa, 27 Oktober 2020 - 06:00 WIB
loading...
Terpilih Lagi, Perdana Menteri Selandia Baru Beli Mobil Baru
Audi e-Tron akhirnya jadi mobil dinas pemerintah Selandia Baru. Mobil itu digunakan oleh Perdana Menteri Selandia Baru. Foto / AUDI
A A A
SELANDIA BARU - JAKARTA - Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Arden mengganti mobil dinasnya, BMW Seri 7 Diesel dengan mobil listrik, Audi e-Tron. Tidak tanggung-tanggung Jacinda membeli delapan unit mobil listrik buatan Jerman itu sekaligus. Detilnya tiga unit Audi e-Tron sedan dan lima unit Audi e-Tron SUV.

Hanya saja tidak semua mobil itu digunakan sendiri oleh Jacinda Arden. Perdana Menteri Selandia Baru yang baru saja terpilih memimpin Selandia Baru di periode kedua itu hanya menggunakan satu unit Audi e-Tron sedan yang akan ditaruh di kediaman pribadinya di Auckland. Sementara dua unit sedan Audi e-Tron lainnya akan ditempatkan di Wellington yang naninya akan bisa digunakan oleh tamu-tamu VIP yang berkunjung ke Selandia Baru. (Baca juga : Dacia Spring, Mobil Prancis yang Dibenci Buruh Prancis )

Terpilih Lagi, Perdana Menteri Selandia Baru Beli Mobil Baru


Sementara sisanya lima unit Audi e-Tron SUV akan diberikan kepada para menteri yang ada di kabinet pemerintahan Jacinda Arden. CEO Audi Selandia Baru, Dean Sheed mengatakan, seperti dikutip Motoring.nz, satu unit Audi e-Tron sedan yang ada di rumah Jacinda Arden akan melakukan modifikasi unik yakni penambahan jok khusus bayi. Diketahui saat ini Jacinda Arden dan pasangannya Clarke Gayford baru saja memiliki anak yang masih berumur dua tahun, Neve Ardern.

Sementara bagi Jacinda Arden, mobil listrik bukanlah hal yang baru buatnya. Selain menggunakan fasilitas mobil kenegaraan BMW Seri 7 diesel, dia juga memiliki mobil pribadi yakni mobil listrik Hyundai Ioniq.

Jacinda Arden memang sangat fokus melakukan elektrifikasi di jajaran pemerintahannya. Dilaporkan Caradvice, Jacinda Arden pernah menggelontokan dana sebesar NZD50 juta atau setara Rp483,5 miliar untuk pengadaan bus-bus listrik buat Selandia Baru. Selama memerintah Selandia Baru dia juga pernah mengeluarkan kebijakan Clean Car Standard dengan fasilitas keringanan pajak bagi para produsen atau importir mobil dengan tingkat emisi yang rendah. (Baca juga : Mobil-mobil Unik Pendukung Donald Trump saat Kampanye )

Kebijakan-kebijakan pro lingkungan itulah yang memang memaksa Jacinda Arden meninggalkan BMW Seri 7 Diesel yang sudah lama dia gunakan. Sebenarnya menurut Motoring.nz, pemerintah Selandia Baru telah meminta BMW untuk menyuplai mobil listrik yang pantas digunakan oleh Jacinda Arden. Hanya saja pilihan yang ditawarkan oleh BMW tidak sesuai dengan keinginan Perdana Menteri Selandia Baru itu.
Diketahui Audi e-Tron adalah mobil listrik pertama yang dibuat Audi. Mobil listrik ini memiliki kemampuan yang fantastis yakni mampu berlari dari diam hingga 97 kilometer per jam dalam waktu 5,5 detik. Tenaga maksimalnya juga mengesankan karena mencaai 402 daya kuda. Mobil yang dihadirkan dalam dua varian, sedan dan SUV itu diketahui dibanderol di harga USD65.900 atau setara Rp637,3 juta.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2639 seconds (0.1#10.140)