Waspada, Begini Cara Hindari Modus Penipuan Layanan Paylater!

Minggu, 01 November 2020 - 18:28 WIB
loading...
A A A
Contohnya, tiba-tiba Anda mendapat SMS berisi kode otp baik dari pihak Gojek atau OVO, tapi tidak melakukan transaksi apapun. Tiba-tiba ada yang menelpon untuk menanyakan kode OTP. Segera blok nomor tersebut.

Menerima SMS/Email untuk Memasukan Username dan Password
Modus ini adalah mereset password demi meningkatkan keamanan atau konfirmasi promo/diskon khusus yang mengatasnamakan aplikasi dompet digital populer.

Perhatikan email masuk. Apakah domainnya sudah benar sesuai dengan alamat email resmi aplikasi tanpa ada embel-embel @blogspot / @wordpress. Jika iya langsung hapus dan laporkan sebagai spam.

Jangan Terkecoh Telepon Registrasi Paylater
Jika memang menggunakan fitur paylater, Cermati menyebut bahwa proses yang benar adalah dilakukan di dalam aplikasi.

Baik itu mengisi informasi data pribadi seperti nomor KTP dan nomor rekening semua dilakukan langsung di aplikasi. Jika memang Anda ingin menggunakan fitur paylater. Maka proses yang sah dan benarnya adalah secara penuh dilakukan di aplikasi.

Sebaliknya, jika ada penawaran pendaftaran paylater diluar aplikasi seperti melalui telepon atau whatsapp bisa dipastikan itu hanyalah modus penipuan yang ingin mendapatkan informasi pribadi.

Tujuannya untuk dijual ke oknum tidak bertanggung jawab, meretas akun sampai membobol rekening bank pribadi Anda. ”Segera blok nomor telepon dan laporkan situasi tersebut ke pihak berwajib atau ke aplikasi terkait secara langsung,” tutur Cermati lewat blog resmi mereka.
(dan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1583 seconds (0.1#10.140)