Ini Dia Mobil Jualan Es Krim Paling Kencang di Dunia

Kamis, 05 November 2020 - 07:00 WIB
loading...
Ini Dia Mobil Jualan Es Krim Paling Kencang di Dunia
Mr Nippy berhasil masuk ke Guinness World Records sebagai mobil es krim terkencang di dunia. Foto / BBC
A A A
LONDON - Rekor kecepatan tertinggi di dunia makin unik saja. Baru-baru ini Guinness World Record mencatat rekor kecepatan tertinggi di dunia yang diraih oleh mobil es krim bernama Mr Nippy. Mobil es krim itu berhasil mencetak top speed 128,8 kilometer per jam.

Menariknya, catatan itu justru mematahkan rekor sebelumnya yang diraih oleh Edd China. Pada Maret lalu Edd China membuat sebuah mobil es krim yang dinamakan Edd's Electric Ice. Mobil es krim listrik itu berhasil mencapai top speed 119 kilometer per jam. (Baca juga : Mahindra Atom Mobil Listrik Termurah di Dunia, Harga Rp57 Juta )

Ini Dia Mobil Jualan Es Krim Paling Kencang di Dunia


Upaya pencatatan rekor itu sebenarnya merupakan salah satu bagian dari acara televisi otomotif Inggris, Top Gear, yang ditayangkan BBC. Saat itu salah satu pembawa acara Top Gear, Paddy McGuinnes memiliki ide untuk membuat rekor mobil terkencang di dunia. Hanya saja mobilnya bukanlah mobil sport atau mobil super melainkan mobil es krim yang sangat populer di Amerika Serikat dan Eropa.

Dalam keterangan resminya, Guinness World Record mengatakan Mr Nippy adalah mobil listrik yang dikembangkan dari badan mobil lama, Bedford CF tahun 1979. Sementara sasis yang digunakan adalah sasis Land Rover 110 Series. Untuk menggerakkan mobil itu Paddy McGuinnes menggunakan baterai buatan Tesla dan Mercedes-Benz. Sementara untuk transmisi dipilih transmisi buatan Tesla.

Guinness World Record juga mengisyaratkan, agar mobil bisa tercatat, bentuk mobil harus benar-benar seperti mobil es krim. Intinya bisa digunakan untuk berjualan dan tidak mendapatkan modifikasi khusus agar bisa mencapai kecepatan tertinggi. (Baca juga : Sedih, Honda Buat Honda Jazz Edisi Perpisahan untuk Australia )

Di dalam mobil juga harus tersedia peralatan berjualan dan kulkas besar yang biasa ditemukan di mobil-mobil es krim. Untuk pengukuran kecepatan, Guinness World Record menggunakan speed trap dan lampu pengukur elektrik yang ditempatkan di setiap jarak 100 meter. Mr Nippy juga harus melakukan pencatatan kecepatan dua kali dalam satu jam dengan arah berlawanan ketika mobil memulai bergerak.

"Sejak bergabung dengan Top Gear saya sudah bermimpi untuk membuat rekor dunia di Guinness World Record. Mobil ini tidak hanya membuat anak-anak riang karena es krim,tapi juga orang dewasa karena kecepatannya," ucap Paddy McGuinnes.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5003 seconds (0.1#10.140)