Kalah Dari Tesla, Ini Jawaban Cucu Pendiri Toyota

Sabtu, 07 November 2020 - 13:00 WIB
loading...
Kalah Dari Tesla, Ini Jawaban Cucu Pendiri Toyota
Akio Toyoda berkilah Toyota kalah dari Tesla hanya dari faktor harga saham. Foto / IST
A A A
TOKYO - Akio Toyoda, orang nomor satu Toyota sekaligus cucu dari pendiri Toyota, Kiichiro Toyoda memberikan jawaban atas kalahnya Toyota dari Tesla dari segi market value. Akio mengakui Tesla saat ini memang terlihat prestisius karena dianggap sebagai perusahaan mobil yang paling berharga dari segi market value. (Baca juga : Yang Unik dari Mobil Listrik Hyundai Buat Indonesia )

Namun menurutnya,Toyota tidak bisa dianggap remeh karena faktanya Toyota telah memproduksi sebanyak 100 juta unit mobil secara global. Sebuah prestasi yang sulit untuk dicapai Tesla dalam waktu-waktu ke depan. "Tesla mengatakan mereka telah memiliki resep yang akan menjadi standar penting di masa depan. Namun, bagi kami Toyota justru mempunyai dapur yang nyata dan para chef yang sesungguhnya," ucap Akio sambil memberi kiasan.

Kalah Dari Tesla, Ini Jawaban Cucu Pendiri Toyota


Diketahui keberhasilan Tesla menjadi produsen mobil yang paling berhaga memang memberikan kejutan. Tesla berada di puncak 25 daftar pembuat mobil teratas dunia berdasarkan nilai pasar dan menduduki posisi teratas mengungguli Toyota. Perusahaan milik Elon Musk itu berhasil mengalahkan Toyota Motor Corp dengan nilai pasar sebesar USD183,7 miliar sedangkan Toyota dengan nilai pasar USD178,78 miliar.

Faktor pencapaian Tesla hingga saat ini ditopang oleh para investor yang melihat sisi keunggulan yang dimiliki pembuat mobil listrik tersebut dan melihat masa depan industrinya. Para investor pun melihat sesuatu yang sangat berbeda, bahwa perusahaan masih harus mendapatkan lebih dari USD25 miliar dalam nilai pasar untuk melampaui Toyota. Bahkan bukan hanya Toyota, Tesla dianggap mampu melampaui enam pabrikan besar asal Jepang.

"Kami memang kalah ketika dilihat dari faktor harga saham. Tapi ketika melihat yang nyata dalam hal produk, Toyota memiliki menu yang lengkap yang bisa dipilih oleh kustomer," kilah pengusaha yang lahir 3 Mei 1956 itu. (Baca juga : Ini Jadinya Jika Pikap Dimodifikasi Buat Melawan Rolls-Royce )

Seolah berbicara soal makanan, Akio membandingkan Tesla seperti halnya acara masak-memasak. Baginya, Tesla adalah orang yang menawarkan sebuah resep makanan. Kebetulan resep makanan itu disukai oleh banyak orang. Padahal orang itu sama sekali tidak membuat makanan.

"Mereka tidak membuat sesuatu yang nyata. Konsumen hanya membeli resepnya saja. Di Toyota, kami memiliki dapurnya, kami mempunyai chef-nya, dan kami membuat makanan yang nyata," tegasnya.

Kalah Dari Tesla, Ini Jawaban Cucu Pendiri Toyota


Meski demikian Akio mengakui Toyota memiliki banyak kesempatan untuk mempelajari keberhasilan Tesla. Misalnya bagaimana Tesla bisa mendapatkan keuntungan besar dari penjualan mobil listrik full battery, pemanfaatan produk-produk energi terbarukan dan pembaruan perangkat lunak yang ada di dalam mobil.

Di sisi lain, Elon Musk sendiri memprediksi bahwa Tesla memiliki kemampuan untuk memproduksi mobil dalam jumlah jutaan seperti halnya Volkswagen AG dan Toyota. Dia yakin dalam setahun Tesla akan bisa memproduksi jutaan mobil listrik. Itula makanya mereka berekspansi dengan sangat masif belakangan ini.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1375 seconds (0.1#10.140)