Desa di Inggris ini Siap Produksi Mobil Penantang Ferrari dan Lamborghini

Senin, 09 November 2020 - 16:00 WIB
loading...
Desa di Inggris ini Siap Produksi Mobil Penantang Ferrari dan Lamborghini
Desa Windlesham akan jadi wilayah dimana kantor pusat Gordon Murray Automotive berdiri. Di desa ini akan dibuat mobil sport penantang Ferrari. Foto / Top Gear
A A A
SURREY - Sebuah kota kecil di Inggris, Windlesham, Surrey akan jadi desa yang perlu diperhatikan oleh Ferrari, Lamborghini dan Bugatti. Pasalnya desa yang hanya berpenduduk 17.000 orang itu dipilih oleh desainer legendaris otomotif Gordon Murray sebagai tempat dimana dia membangun kantor pusat Gordon Murray Automotive. Nantinya di kota itu, Gordon Murray akan memproduksi secara ekslusif mobil sport penantang Ferrari, Lamborghini dan Bugatti yakni Murray T50. (Baca juga : Tesla Klaim Dirikan 20.000 Supercharger di Dunia, Tak Ada Satu pun di Indonesia )

Desainer mobil legendaris McLaren F1 itu akan menggelontorkan uang 50 juta Poundsterling atau setara Rp917 miliar untuk pembangunan kantor pusat Murray Automotive. Nantinya di kantor itu dia akan membangun divisi-divisi khusus pengembangan mobil sport seperti pusat desain, riset dan pengembangan, sales dan marketing, hingga museum. Seluruh bangunan itu nantinya akan berdiri di atas lahan seluas 100.000 meter persegi. Pembukaan kantor itu nantinya juga akan menyerap 100 lapangan pekerjaan baru.

Desa di Inggris ini Siap Produksi Mobil Penantang Ferrari dan Lamborghini


Rencananya pembangunan kantor pusat itu akan selesai pada 2024. Gordon Murray sendiri mengaku memilih desa itu karena memang pernah bekerja di Surrey, kota utama Windlesham, selama 50 tahun. Dari situ dia selalu melihat Windlesham sebagai tempat yang cukup ideal untuk menuangkan ide-ide kreatifnya. "Kami akan segera bekerja sama dengan pihak terkait untuk mengembangkan wilayah ini menjadi wilayah yang potensial," ucap Gordon Murray. (Baca juga : Ini Dia Obat Kangen Donald Trump akan Transportasi Spesial Kepresidenan )

Dia melanjutkan kehadiran Gordon Murray Automotive akan membuat banyak orang memerhatikan Windlesham. Dari wilayah itu nantinya mereka akan membuat sebuah mobil yang akan bertarung dengan mobil-mobil legendaris lainya. "Mobil itu didesain, dibuat dan diproduksi dari orang-orang Inggris serta komponen buatan Inggris yang terbaik," tegas Gordon Murray.

Desa di Inggris ini Siap Produksi Mobil Penantang Ferrari dan Lamborghini


Diketahui Murray T50 rencananya akan diproduksi pada 2022. Melalui T.50 sebagai karya terbarunya, Gordon Murray seolah mendefinisikan ulang bagaimana supercar sejati seharusnya. Performa super dari T.50 sendiri datang dari mesin V12 3,9 liter, naturally aspirated (NA), dengan paduan tenaga 654 hp dan torsi 467 Nm. Mesin buatan Cosworth ini sanggup berteriak hingga 12.100 rpm, menjadi mesin V12 jalan raya dengan putaran tertinggi.

Berbekal monokok serat karbon dan body sangat ringan, T.50 memiliki bobot kosong hanya 986 kilogram. Angka tersebut hanya sepertiga rata-rata bobot supercar modern. Bobot inilah yang membuat tenaga sebesar 654 daya kuda jadi begitu menggetarkan.

Saat ini produksi Murray T50 memang masih dilakukan di Dunsfold Park, Inggris, sebuah tempat yang disewa khusus oleh Gordon Murray. Setela kantor Gordon Murray Automotive jadi, dia akan melanjutkan proses inovatif dengan membuat Murray T50S di desa itu.
(wsb)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3170 seconds (10.177#12.26)