Ford Buat Fitur yang Bisa Selamatkan Pesepeda dan Pengendara Motor

Sabtu, 21 November 2020 - 08:00 WIB
loading...
Ford Buat Fitur yang Bisa Selamatkan Pesepeda dan Pengendara Motor
Fitur Exit Warning bisa memberikan peringatan kepada pengemudi mobil atau penumpang mobil akan kehadiran pengendara motor atau pesepeda. Foto / Ford
A A A
JAKARTA - Pernahkah Anda membuka pintu mobil saat berhenti di bahu jalan dan hampir membuat pengendara motor atau pesepeda terjatuh? Berdasarkan catatan Ford, hal itu kerap terjadi dan setiap tahun ada 60 pesepeda yang mengalami luka parah bahkan meninggal dunia karena kelalaian pengguna mobil dalam membuka pintu.

Mereka lalai karena tidak menyadari ada pesepeda atau pengendara motor yang berada di bahu jalan saat membuka pintu. Hal inilah yang coba dicegah oleh Ford dengan membuat fitur baru bernama Exit Warning. (Baca juga : Keren Nih, Rompi Airbag Siap Lindungi Pengendara Motor )

Berkat fitur itu pengemudi atau pengguna mobil akan bisa melihat adanya potensi kecelakaan yang melibatkan pesepeda atau pengendara motor yang ada di dekat mobil. Fitur ini akan bekerja melalui peringatan visual atau suara agar pengemudi mobil dan penumpangnya bisa tahu keberadaan pengendara motor atau pesepeda yang ada di dekat mobil mereka.

Fitur ini bekerja dengan menampilkan lampu LED berwarna merah yang ada di spion. Jika mobil mendeteksi adanya gerakan pesepeda atau pengendara motor maka lampu LED berwarna merah akan menyala. Selain itu juga ada peringatan lainnya berupa suara alarm.

Ford sendiri menganggap dua peringatan itu sepertinya belum cukup. Sebelum diaplikasikan ke mobil-mobil Ford, mereka berencana akan membuat sistem pencegahan lainnya yakni dengan menahan pintu mobil bisa terbuka ketika ada gerakan dari pesepeda atau pengendara motor. (Baca juga : Honda CBR1000RR yang Diseruduk Daihatsu Ayla Hanya ada 23 Unit di Indonesia )

Diketahui pengembangan teknologi itu merupakan salah satu kampanye yang dibawa oleh Ford yakni Share the Road. Dalam kampanye itu Ford berharap pengguna jalan raya bisa menghormati semua pihak yang menggunakan jalan dengan cara berbagi jalan. Baik itu pengemudi mobil, pengendara motor, pesepeda dan pejalan kaki.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6090 seconds (0.1#10.140)