Daihatsu dan UGM Kolaborasi Adakan Swab Test Keliling di Jogja

Senin, 11 Mei 2020 - 18:01 WIB
loading...
Daihatsu dan UGM Kolaborasi Adakan Swab Test Keliling di Jogja
Gambar penanggulan virus corona. FOTO/ Ist
A A A
YOGYAKARTA - Dalam upaya menghadapi virus corona, perlu ada peran dari semua pihak yang ikut membantu, termasuk perguruan tinggi. Inisiatif inilah yang dilakukan dari Teknik Mesin Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM), Jogjakarta.

UGM berinisiatif dan mengajak Daihatsu dalam pengadaan sebuah kendaraan keliling, demi membantu tenaga medis memeriksa kesehatan masyarakat yang membutuhkan lewat RTPCR (Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction) atau lebih dikenal dengan istilah swab test. BACA JUGA; Lewat Akun Tokopedia, Peretas Bisa Ambil alih Akun Sosmed dan Marketplace Lain

Berangkat dari ajakan tersebut, Daihatsu meresponnya dengan positif kemudian mendonasikan mobil Daihatsu Xenia yang akan dimodifikasi oleh UGM menjadi mobil Siaga COVID-19.

“Donasi ini merupakan komitmen Daihatsu dalam mendukung upaya pemerintah dan masyarakat dalam memerangi COVID-19, sejalan dengan salah satu pilar CSR (Corporate Social Responsibility), yaituSehat Bersama Daihatsu,” jelas Haryanto Nurya Hadiwijaya, General Affairs Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), di Jakarta, Senin (11/5/2020). BACA JUGA. Lewat Akun Tokopedia, Peretas Bisa Ambil alih Akun Sosmed dan Marketplace Lain

Sesuai namanya, lanjuta Haryanto, mobil Siaga COVID-19 berfungsi sebagai kendaraan swab test keliling. Tugasnya membantu masyarakat yang membutuhkan pemeriksaan swab test, dengan tetap menjaga keamanan dan keselamatan tenaga medis sebagai garda terdepan.

Saat pengambilan sampel, tenaga medis akan tetap berada di dalam mobil dan pasien di sisi luar mobil. Sehingga, selain tenaga medis lebih aman dan terlindungi, juga dapat menghemat penggunaan APD.

Mobil ini juga dilengkapi dengan storage logistik alat swab test, alat pengukur suhu tubuh otomatis, mic dan speaker untuk sarana komunikasi dengan pasien, serta perangkat komputer untuk melaporkan hasil swab test secara real time.

“Kami berharap donasi mobil ini dapat memberi hasil positif untuk pencegahan dan penanganan Covid-19 di area Jogjakarta,” pungkas Haryanto.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2198 seconds (0.1#10.140)