Butuh 3-10 Tahun Bagi Linux untuk Geser Posisi Windows di China

Senin, 11 Mei 2020 - 16:03 WIB
loading...
Butuh 3-10 Tahun Bagi Linux untuk Geser Posisi Windows di China
Data StatCounter menunjukkan masih ada tidak kurang dari 86,67% komputer desktop yang masih menjalankan Windows di China. Pada saat yang sama, Apple macOS menyumbang 9,94% dan Linux hanya 0,6%. Foto/Vivaldi.com
BEIJING - Data terbaru dari NetMarketShare menunjukkan dari Maret hingga April 2020, pangsa pasar desktop Linux meningkat 1,5%, dan pangsa Windows menurun 2%.

Untuk waktu yang lama, Linux telah dianggap sebagai pengganti terbaik bagi sistem Windows. Meskipun data menunjukkan pangsa pasar dan tingkat pemasangan Linux meningkat secara signifikan, sejauh menyangkut pasar China, masih dibutuhkan waktu demi membangun distribusi Linux yang dapat menggantikan sistem Windows. (Baca juga: Microsoft Perbaiki 4 Kerentanan Kritis, Instal Pembaruan Sekarang )

Liu Xinhuan, Manajer Umum Tongxin Software Technology Co., Ltd. mengatakan, dalam sebuah wawancara, bahwa untuk sistem operasi yang baik, Anda harus memiliki waktu yang lama untuk mempersiapkan diri secara psikologis. "Dan untuk benar-benar bersaing dengan sistem operasi asing, akan membutuhkan setidaknya 3 tahun, 5 tahun atau bahkan 10 tahun. Jadi saya pikir lebih baik melakukan produk kita dengan baik dan melakukan hal-hal kita sendiri, daripada bertahan dalam pertempuran verbal, karena pasar akhir masih tergantung pada kualitas produk dan kemampuan layanan," kata Liu seperti dilansir Giz China, Senin (11/5/2020).

Software Tongxin telah masuk penelitian dan pengembangan sistem operasi di China. Ini berfokus pada pengembangan dan layanan perangkat lunak dasar seperti sistem operasi. Mereka telah mengembangkan berbagai produk sistem operasi yang didasarkan pada kernel Linux.



OS Linux di China
Laju Linux sendiri untuk menggantikan peran Windows di pasar China masih cukup lambat. Data StatCounter menunjukkan masih ada tidak kurang dari 86,67% komputer desktop yang masih menjalankan Windows di sana. Pada saat yang sama, Apple macOS menyumbang 9,94% dan Linux hanya 0,6%.

Liu Wenhuan mengatakan, dari perspektif jangka panjang, perusahaan berharap untuk mendapatkan lebih dari sepertiga pangsa pasar China di bidang sistem operasi untuk tujuan umum. Secara umum, keinginan Linux untuk mengganti Windows di pasar China tidak bisa dilakukan semalam.
(iqb)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE