Modal Bluetooth, Tesla Model X Bisa Dicuri dan Diretas

Rabu, 25 November 2020 - 14:56 WIB
loading...
Modal Bluetooth, Tesla Model X Bisa Dicuri dan Diretas
Tesla Model X merupakan salah satu model Tesla yang populer. Mobil ini ternyata mudah diretas dan dicuri dengan perangkat sederhana. Foto / Netcarshow
A A A
JAKARTA - Peneliti di Belgia, Computer Security and Industrial Cryptography (COSIC), baru-baru ini mengeluarkan pernyataan mengejutkan. Mereka mengklaim telah menemukan celah fatal di mobil listrik Tesla Model X. Mereka mengatakan celah itu yakni sebuah sistem keamanan on-board di Tesla Model X dapat dieksploitasi oleh hacker danpencuri. (Baca juga : Superbike Kawasaki Resmi Meluncur, Makin Mirip Kawasaki H2 )



Mereka sendiri mempraktekkan peretasan dan pencurian SUV listrik itu hanya dengan menggunakan peralatan buatan sendiri yang hanya menghabiskan dana sebesar USD300 atau setara Rp4,2 juta. Bermodalkan koneksi Bluetooth perangkat itu ternyata berhasil mebuka kunci Tesla Model X. Tidak hanya itu mobil listrik itu bahkan bisa langsung dikendarai menjauh dari lokasi.

Metode peretasan itu sendiri diunggah oleh COSIC dalam akun YouTube resmi mereka. Salah satu peneliti, Lennert Wouters hanya butuh waktu yang singkat untuk meretas Tesla Model X. Dia mengatakan saat upaya peretasan terjadi, sistem keamanan Tesla Model X memang berupaya melakukan proteksi.

Hanya saja dalam upaya proteksi itu sama sekali tidak ada bentuk validasi kepemilikan mobil. Titik itulah yang akhirnya bisa dimanfaatkan untuk tindak kejahatan.

"Sistem yang ada memang memiliki metode yang baik untuk mengamankan kendaraan. Hanya saja masih ada celah kecil yang justru sangat fatal. Hanya dengan cara yang sederhana, serangan yang dilakukan akan berakibat fatal," jelas Lennert Wouters. (Baca juga : Buggati Buat Mobil Terinspirasi Pesawat Tempur Klasik Prancis )

Dia mengaku sudah memberi tahu Tesla tentang celah keamanan tersebut pada Agustus lalu. Start up mobil listrik yang berbasis di Palo Alto, California, Amerika Serikat itu mengaku akan melakukan pembaruan perangkat lunak dalam wkatu dekat. Termasuk memperbaiki celah yang ditemukan oleh COSIC.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1945 seconds (0.1#10.140)