Daihatsu Tuyul Jadi Bukti Kei Car Pernah Ada di Indonesia

Senin, 07 Desember 2020 - 17:00 WIB
loading...
A A A
Produk selanjutnya adalah Hijet 1000 S65, yang meramaikan pasar otomotif Indonesia sekitar tahun 1984. Sesuai dengan namanya, mobil ini adalah minivan pertama Daihatsu yang menggunakan mesin 1.000 cc 3 silinder di tanah air.

Tetapi, Hijet 1000 S65 hanya dijual dengan versi pick up saja. Saat itulah PT Astra Daihatsu juga melihat fenomena menarik konsumen Daihatsu Hijet 1000 S65. dimana banyak masyarakat berimprovisasi membuatnya menjadi mobil keluarga dengan memesan karoseri tersendiri.

Dari situlah Astra Daihatsu kemudian tergerak membuat Daihatsu Zebra S89.Model ini bisa dikatakan sebagai produk Daihatsu ‘yang benar-benar minibus’ dengan konsep full pressed body. Daihatsu Hijet Zebra S89 juga merupakan salah satu mobil rakitan Indonesia pertama yang diekspor ke Malaysia dan Vietnam.

Daihatsu Tuyul Jadi Bukti Kei Car Pernah Ada di Indonesia


Karena dibuat di Indonesia, Astra Daihatsu mulai menangkap keinginan masyarakat yang menginginkan dimensi yang lebih besar. Hal itu justru tidak bisa dipenuhi oleh Daihatsu Hijet yang masih ada di pasar Jepang yang rata-rata tampil dalam bentuk kei car.

Astra Daihatsu kemudian mengembangkan sendiri produk Daihatsu Zebra dengan ukuran yang lebih besar. Dan saat itulah perlahan-lahan Kei Car Jepang mulai jadi kenangan. Sayangnya seiring waktu berjalan, Daihatsu Zebra justru ditelan zaman. Tahun ini Daihatsu Hijet merayakan ulang tahunnya yang ke-60. Secara akumulatif, hingga September 2020, Hijet telah diproduksi dengan jumlah lebih dari 7,4 juta unit sejak generasi pertama diluncurkan, serta 2,2 juta unit di antaranya masih digunakan sampai dengan saat ini.
(wsb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2944 seconds (0.1#10.140)