Mengungkap Harga Bekas Xpander Edisi Pertama yang Tak Terdepresiasi Tinggi

Kamis, 10 Desember 2020 - 00:36 WIB
loading...
Mengungkap Harga Bekas Xpander Edisi Pertama yang Tak Terdepresiasi Tinggi
Mitsubishi Xpander diluncurkan pertama kali pada 2017. Hingga kini Mitsubishi Xpander jadi tulang punggung penjualan Mitsubishi di Indonesia. Foto / IST
A A A
JAKARTA - Mitsubishi Xpander pertama kali diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Waktu itu PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) meluncurkan lima varian Mitsubishi Xpander. (Baca juga : Perusahaan Taksi Belanda Tuntut Tesla Rp21,9 Miliar )

Kelima varian itu hadir dengan harga, GLX di Rp189,050 juta, GLS di harga Rp208,550 juta, Exceed MT di harga Rp214,550 juta, Exceed AT di harga Rp224,950 juta dan tipe tertinggi waktu itu, Sport di harga Rp237,150 juta dan Ultimate di harga Rp245,350 juta.

Tiga tahun berselang, menarik untuk melihat berapa harga yang Mitsubishi Xpander keluaran perdana itu yakni yang tahun produksinya 2017. Seberapa besar depresiasi yang terjadi di kelima varian Mitsubishi Xpander. Apakah tetap kompetitif atau tidak? Dari penulusuran car listing yang ada saat ini Mitsubishi Xpander GLS 2017 dijual di harga Rp172,500 juta. Uniknya di situs car listing yang sama Mitsubishi Xpander GLX 2017 dijual di harga Rp175 juta.

Untuk mobil bekas Mitsubishi Xpander Exceed MT, konsumen juga harus menebus di harga Rp170 juta. Sementara untuk versi otomatis Exceed di tahun yang sama, 2017, peminat harus mengeluarkan uang Rp187 juta. Untuk varian Xpander Sport harga bekasnya mencapai Rp202 juta sementara untuk varian Ultimate tahun 2017 dijual di harga Rp224 juta.

Mengungkap Harga Bekas Xpander Edisi Pertama yang Tak Terdepresiasi Tinggi


Jika membandingkan antara harga awal dengan harga jual kembali yang ada tahun ini depresiasi yang terjadi tidak begitu besar. Selisih yang dihasilkan ada di rentang Rp14 juta di tipe GLX hingga Rp44 juta di tipe Exceed MT. (Baca juga : Mobil Balap Klasik Bugatti Hidup Kembali dengan Tampilan Kekinian )

Jika diteliti depresiasi ini memang sesuai dengan keinginan Mitsubishi. Perusahaan mobil Jepang itu diketahui memang berupaya keras menjaga harga jual kembali Mitsubishi Xpander. Hal ini dilakuan dengan Proses menjaga harga jual kembali bisa dilakukan konsumen sedari awal melakukan pembelian Mitsubishi Xpander. Adalah paket SMART, nama program purnajual yang ditujukan untuk memberikan gratis biaya jasa dan suku cadang hingga 3 tahun atau 50 ribu km. Ada beberapa jenis skema yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, mulai dari SMART SILVER, SMART GOLD hingga SMART DIAMOND.

Mitsubishi bahkan kerap membagikan paket ini secara gratis dalam program promosi penjualannya. Misalnya saat awal diluncurkan, semua Xpander yang diniagakan bahkan sudah otomatis terdaftar dalam paket layanan SMART GOLD senilai Rp 3,2 juta. Lebih asyik lagi, jika kendaraan Anda sudah memasuki tahun akhir masa program SMART, programnya bisa diperpanjang (extended).

Mengungkap Harga Bekas Xpander Edisi Pertama yang Tak Terdepresiasi Tinggi


Dijelaskan pihak Mitsubishi, kualitas produk dan ketersediaan layanan purna-jual yang baik memang kunci utama menjaga resale value kendaraan konsumen. “Xpander Extended SMART Package merupakan salah satu bentuk komitmen kami sebagai produsen untuk selalu memberikan produk dan layanan terbaik pada keseluruhan proses kepemilikan kendaraan. Program ini bertujuan untuk memberikan kemudahan dan manfaat optimal kepada konsumen dari sisi layanan purna jual dengan alternatif biaya perawatan kendaraan yang lebih efisien” ungkap Naoya Nakamura, President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Paket ini jarang ditemukan pada kendaraan merek lain. Biasanya hanya disediakan gratis jasa dan suku cadang hingga 10.000 km. Setelah melewati masa/jarak tersebut, konsumen akan dibebankan harga normal yang akhirnya membuat mereka kerap enggan mampir lagi di bengkel resmi. Dengan menggunakan paket SMART, biaya perawatan Xpander pun jadi lebih ringan dan konsumen bisa memastikan kendaraannya selalu terawat dengan baik menggunakan komponen orisinil di bengkel resmi.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2296 seconds (0.1#10.140)