BMW Motorrad Lakukan Recall. Bukan Motor, Tapi Jaket Kulit

Sabtu, 12 Desember 2020 - 21:56 WIB
loading...
BMW Motorrad Lakukan Recall. Bukan Motor, Tapi Jaket Kulit
Jaket kulit BMW Motorrad untuk pria ditarik kembali karena berbahaya buat kulit. Foto/BMW Motorrad
A A A
JAKARTA - Perusahaan motor asal Jerman, BMW Motorrad baru-baru ini melakukan recall produk mereka. Namun penarikan kembali bukan ditujukan kepada motor-motor BMW Motorrad, melainkan jaket kulit pria yang mereka buat untuk pendukung aktivitas berkendara motor. (Baca juga : 2030, Kiamat Kecil buat Mobil Berbahan Bakar Fosil )

Disebutkan BMW Motorrad jaket kulit tipe Club Men Leather tahun 2020 buatan mereka ternyata sangat berbahaya buat penggunanya. Pasalnya jaket dengan part nomor 76129899222 itu ditemukan unsur kromium VI yang melebihi batas yang telah ditetapkan. Hal itu akan sangat berbahaya bagi pengguna karena akan menimbukan reaksi alergi berlebihan dan kanker kulit.

BMW Motorrad mengatakan seluruh jaket yang direcall harus segera dikembalikan ke BMW Motorrad. Mereka berjanji akan mengganti jaket tersebut dengan merchandise lain yang harganya sama.

BMW Motorrad mengatakan untuk sementara recall jaket kulit tersebut hanya untuk yang dipasarkan di kawasan Eropa saja. Selain itu penarikan hanya dilakukan untuk jaket kulit berukuran M.

BMW Motorrad Lakukan Recall. Bukan Motor, Tapi Jaket Kulit


Hanya saja bisa jadi jaket tersebut beredar ke kawasan lain melalui pembelian online. Selain itu bisa jadi dealer-dealer di kawasan luar Eropa juga menyediakan katalog yang sama. Hal itu terbukti ketika Sindonews menelusuri katalog Wear yang ada di situs BMW Motorrad Indonesia. Dalam katalog itu jaket yang diminta ditarik kembali ternyata ada dalam daftar katalog. BMW Motorrad Indonesia bahkan menjual jaket yang sama melalui situs online dengan harga Rp13,6 juta.

(Baca juga : Uji Nyali dan Ketahanan, BMW Bawa BMW iX ke Kutub Utara )

Sementara itu berdasarkan keterangan Center for Disease Control's Agency for Toxic Substance and Disease Resgistry disebutkan bahwa paparan Kromium VI akan menyebabkan alergi dan dermatitis atau peradangan pada kulit.

BMW sendiri menjual jaket kulit itu di harga 360 Euro atau setara Rp6,080 juta. Selain merecall jaket, BMW Motorrad juga melakukan recall untuk sarung tangan DownTown Glove dengan part nomor 76218560843 hingga 76218560849
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2141 seconds (0.1#10.140)