Tips Menghindari Mobil Mengalami Understeer dan Oversteer Saat Hujan

Sabtu, 19 Desember 2020 - 15:50 WIB
loading...
Tips Menghindari Mobil Mengalami Understeer dan Oversteer Saat Hujan
Wuling Almaz sudah dibekali fitur ESC yang menjaga mobil tetap stabil saat hujan.
A A A
JAKARTA - Wilayah Jakarta dan sekitar sudah memasuki musim hujan. Maka itu, kewaspadaan saat berkendaran di tengah hujan harus lebih ditingkatkan, terlebih saat melewati jalanan berpasir. BACA JUGA: 5 Alasan untuk Membeli Tablet di 2020

Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI), Sony Susmana mengatakan, berkendara di jalan berpasir dan basah cenderung membuat mobil menjadi under dan oversteer.

"Saat berkendara melewati jalanan yang basah dan berpasir, berpotensi membuat mobil jadi under dan oversteer bila pengemudi tidak pintar-pintas menjaga prilaku dan emosinya," kata Sony saat dihubungi Sabtu (19/12).

Tips Menghindari Mobil Mengalami Understeer dan Oversteer Saat Hujan

Selain itu, dibutuhkan teknik mengemudi yang lembut mulai dari memutar kemudi, melakukan akselerasi hingga deselerasi. Agar mobil lebih terkontrol saat dikendarai.

"Cobalah untuk menggunakan teknik berkendara yang smooth. Berkendara secara kasar atau agresive lebih membuat kondisi kendaraa semakin tidak terkontrol," ujar Sony.

Fitur pada mobil yang sangat berguna saat berkendara di kondisi jalanan licin dan berpasir adalah ESC. Sejumlah mobil yang ada di Indonesia sudah dibekali dengan fitur ini seperi Wuling Cortez dan Almaz.

"Wuling Cortez dan Almaz punya fitur ESC yang sangat membantu pengemudi agar mampu menjaga kendaraan saat menikung dikondisi jalan licin dan berpasir," ujar Sony.
BACA JUGA:
Laptop vs Tablet untuk Belajar Online dan Bekerja di Rumah, Mana yang Lebih Unggul?
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2541 seconds (0.1#10.140)