OLX Autos Bicara Dampak COVID-19 dan Ramalan Mobil Bekas di 2021

Minggu, 20 Desember 2020 - 10:35 WIB
loading...
OLX Autos Bicara Dampak COVID-19 dan Ramalan Mobil Bekas di 2021
Wabah virus Corona ikut memengaruhi perubahan perilaku konsumen mobil bekas di Indonesia. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Wabah virus Corona yang mengganas di tahun 2020 memengaruhi semua sektor industri, termasuk industri pasar mobil bekas . Kemampuan ekonomi yang menurun ikut mengurangi budget konsumen dalam pembelian. (Baca juga: Joe Biden, Anak Penjual Mobil Bekas yang Jadi Presiden )

OLX Autos Indonesia dalam studi "Used Cars Industry Behavior Shift”, melihat lima tren pelanggan yang terjadi pada pasar mobil bekas di 2020. Perihal kepemilikan mobil, sebanyak 52% responden menyatakan saat ini mereka telah memiliki keinginan untuk membeli mobil, dibandingkan pada masa awal pandemik yang hanya 22%.

Untuk mengantisipasi kenaikan permintaan ini, berbagai cara dilakukan oleh para dealer untuk dapat memfasilitasi para pengguna di masa pandemi. Kini dealer menawarkan pendekatan baru, di antaranya ada free test drive di rumah dan juga pertemuan secara pribadi.

Tren yang terlihat lainnya adalah adanya peningkatan penggunaan mobil di keseharian pengguna. Sebanyak 42% responden menyatakan saat ini telah menggunakan mobil pribadi dalam kegiatan sehari-harinya, dibandingkan dengan pada masa awal pandemi yang hanya 33%. Faktor keamanan menjadi alasan pengguna dalam memilih mobil.

Namun di sisi lain, para pengguna pun cukup kesulitan ketika ingin membeli mobil secara kredit. Karena para dealer mengalami tantangan dalam jual beli mobil sepanjang tahun.

Berdasarkan data yang dihimpun OLX Autos Indonesia, brand mobil asal Jepang masih menjadi favorit para pelanggan. Berdasarkan studi yang sama, urutan mobil favorit pengguna di tahun 2020 adalah Toyota Innova, Toyota Avanza, Honda Jazz, Daihatsu Xenia, dan Honda Brio. Mobil MPV masih menjadi andalan para pelanggan untuk mendukung kegiatan sehari-hari mereka.

Keadaan setahun terakhir telah menyebabkan para pelanggan mengubah gaya hidup mereka dengan lebih memprioritaskan keamanan. Mobil-mobil favorit dari para pelanggan sendiri didominasi oleh mobil dengan ruang cukup luas yang dapat mempermudah pelanggan yang saat ini dapat bepergian menggunakan mobil pribadi dengan orang terdekat yang telah mereka kenal, sehingga dapat meningkatkan rasa aman.

“Dengan berbagai hal yang terjadi dan berdampak pada perubahan perilaku para pelanggan, OLX Autos terus melakukan inovasi-inovasi yang dapat memenuhi kebutuhan yang berbeda dari para pelanggan melalui OLX Autos Jual Mobil Instan, OLX Autos Authorized Dealers, dan layanan terbaru kami OLX Autos Jual - Beli - Tukar Tambah," kata Johnny Widodo, CEO OLX Autos Indonesia.

Perusahaan berharap inovasi yang dilakukan dapat membuat pelanggan mendapatkan transaksi yang aman dan nyaman. Melalui layanan OLX Autos Jual Mobil Instan, pelanggan dapat menjual mobil dengan harga kompetitif dan mendapatkan layanan terbaik.

Untuk OLX Autos Authorized Dealers, pihaknya telah berkolaborasi dengan 12 dealer. Tujuan dari dibentuknya OLX Autos Authorized Dealer adalah untuk berkembang bersama, memastikan dealer mendapatkan branding exposure guna menjangkau lebih banyak pelanggan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2364 seconds (0.1#10.140)