Mobil Listrik yang Dikeluhkan Bos Toyota Sudah Dibuat di Abad 18

Minggu, 20 Desember 2020 - 22:51 WIB
loading...
Mobil Listrik yang Dikeluhkan Bos Toyota Sudah Dibuat di Abad 18
Tampak salah satu dari mobil listrik buatan Fiat. Mobil bertenaga listrik yang tengah gencar dibangun saat ini ternyata sudah dibuat sejak abad ke 18. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Mobil listrik merupakan teknologi terkini yang sedang dikembangkan oleh berbagai merek di dunia. Para produsen otomotif berlomba-lomba menciptakan kendaraan ramah lingkungan itu secara masif. Namun tak semua pabrikan bahagia dengan perkembangan tersebut, Bos Besar Toyota ,Akio Toyoda, salah satu yang mengeluhkannya.

Ditarik ke belakang, sebenarnya mobil listrik bukanlah teknologi baru. Pada 1885, mobil bertenaga listrik sudah diciptakan oleh pria bernama Karl Benz. (Baca juga: Bos Besar Toyota Enggak Nyaman dengan Perkembangan Industri Mobil Listrik )

Para ilmuwan dari berbagai negara seperti Hongaria, Belanda, dan Amerika Serikat, juga sudah mencoba menciptakan kendaraan bertenaga baterai. Mereka menciptakan beberapa mobil listrik dalam skala kecil, sejak abad 18.

Kemudian ada juga pria dari Inggris bernama Robert Anderson, berhasil mengembangkan sebuah mobil roda tiga yang menggunakan baterai listrik sebagai penggeraknya di tahun 1832. Temuan milik Anderson ini dianggap sebagai mobil tenaga listrik pertama di dunia.

Memasuki era modern, pada 1988 General Motors mulai mengembangkan mobil listrik. Atas kerja sama dengan AeroVironment California, mereka berhasil membuat mobil listrik bernama EV1 yang mulai diproduksi pada 1996 hingga 1999.

Melihat perkembangan mobil listrik di Eropa, perusahaan asal Jepang, Toyota, juga tak mau kalah. Toyota pun mengumumkan mobil hybrid pertamanya bernama Toyota Prius.

Barulah pada 2000-an, Elon Musk memperkenalkan Tesla di pameran International Auto Show, San Fransisco, Amerika Serikat. Dunia pun heboh dengan kemunculan Tesla yang disematkan dengan berbagai fitur canggih.

Sejak saat itu, berbagai negara ikut mendukung perkembangan mobil listrik karena terbukti ramah lingkungan. Ini sebagai upaya dunia mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil.

Indonesia pun tak mau ketinggalan mengembangkan mobil listrik. Sejak era kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yang diprakarsai oleh Dahlan Iskan selaku Menteri BUMN saat itu, kendaraan listrik sudah mulai dikembangkan.

Pengembangannya menghasilkan mobil tenaga listrik bernama Selo, yang dipamerkan saat KTT APEC di Bali pada tahun 2013. Selain Selo juga berhasil dibuat mobil Tucuxi. Sayangnya, pengembangan itu terhenti karena satu hal dan lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3879 seconds (0.1#10.140)