Tak Cocok di Eropa dan Asia, McLaren Terkuat Cuma Dijual di Amerika

Rabu, 23 Desember 2020 - 08:01 WIB
loading...
Tak Cocok di Eropa dan Asia, McLaren Terkuat Cuma Dijual di Amerika
McLaren Sabre menggunakan mesin naturally aspirated turbo ganda V8 dengan tenaga maksimal 824 daya kuda. Foto/Netcarshow
A A A
JAKARTA - McLaren, perusahaan mobil asal Inggris akhirnya meluncurkan mobil dua kursi paling perkasa yang pernah mereka buat, McLaren Sabre. Uniknya mobil yang mereka buat itu justru hanya dijual untuk kawasan Amerika Serikat saja. Wilayah lainnya seperti Asia dan Eropa harus gigit jari karena tak kebagian jatah. (Baca juga : Waspada Tesla, Mercedes-Benz Siapkan Layar Sentuh Hiper )

Disebutkan Autoblog, pasar Amerika satu-satunya jadi wilayah pemasaran McLaren Sabre karena adanya kelonggaran aturan homologasi. Kelonggaran ini membuat McLaren bisa memiliki ide dan inovasi liar dalam memproduksi McLaren Sabre. Diketahui wilayah lainnya seperti Eropa dan Asia memang sangat ketat menerapkan uji homologasi khususnya terkait mobil-mobil sport bertenaga besar.

Tak Cocok di Eropa dan Asia, McLaren Terkuat Cuma Dijual di Amerika


Untuk tenaga, McLaren Sabre diklaim menjadi mobil sport McLaren dengan konfigurasi dua jok mobil yang paling perkasa. Khususnya dalam kategori mobil sport non hybrid yang ada di keluarga McLaren. Jadi McLaren P1 tidak masuk hitungan.

McLaren Sabre sendiri menggunakan mesin V8 turbo ganda denan kapasitas silinder 4,0 liter. Mesin itu bisa menggelontorkan tenaga hingga 824 daya kuda. Tenaga ini lebih besar 20 daya kuda dibanding McLaren Elva. Untuk kecepatan tertinggi, McLaren Sabre mampu mencapai top speed 350 kilometer per jam. (Baca juga : Fiat Oltre, Saat Fiat Gagal Meniru dan Mengalahkan Hummer )

Meski hanya dipasarkan di kawasan Amerika Serikat, McLaren justru punya persyaratan ketat akan konsumen McLaren Sabre. Mobil itu hanya akan dijual sebanyak 15 unit. Konsumen potensial justru dipilih berdasarkan kedekatan mereka dengan McLaren dan divisi khusus McLaren yakni McLaren Special Operation. Kelimabelas konsumen itumalah mendapatkan kesempatan mempersonalisasi McLaren Sabre milik mereka sekaligus mencoba langsung mobil yang sedang dalam proses pengembangan sebelumnya.

"Kami senang dapat melibatkan konsumen kami dalam proses pembuatan mobil ini," ucap Parsis Mullins, perwakilan dari McLaren.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3422 seconds (0.1#10.140)