Fiat Oltre, Saat Fiat Gagal Meniru dan Mengalahkan Hummer

Sabtu, 19 Desember 2020 - 22:51 WIB
loading...
Fiat Oltre, Saat Fiat Gagal Meniru dan Mengalahkan Hummer
Fiat Oltre diklaim Fiat sudah mendapatkan kontrak dari tentara Inggris dan Italia. Hanya saja kontrak itu tak kunjung terealisasi. Foto/Netcarshow
A A A
BOLOGNA - Fiat ternyata pernah berupaya meniru dan mengalahkan mobil SUV legendaris Hummer pada 2005. Tepatnya saat mereka mengikuti ajang Bologna Motor Show 2005 dan menghadirkan sebuah SUV berukuran besar bernama Fiat Oltre. (Baca juga : Sadis, Speed Gun Canggih ini Lebih Mahal dari Toyota New Calya )

Fiat Oltre, Saat Fiat Gagal Meniru dan Mengalahkan Hummer


Ya, tidak ada yang tahu kalau Fiat sebenarnya punya sejarah panjang dalam membuat mobil SUV. Mereka bukanlah perusahaan mobil Italia yang hanya fokus membuat mobil-mobil imut. Seperti Jeep, mereka juga pernah membuat sebuah mobil SUV 4x4 yang sangat sering digunakan oleh tentara Italia. Namanya Fiat Campagnola AR 76.

Namun kiprah mereka dalam membuat SUV tetap saja tak terdeteksi. Itulah mengapa di ajang Bologna Motor Show 2005 mereka berupaya membangunkan dunia bahwa mereka juga bisa membuat SUV yang bertenaga. Seperti Fiat Campagnola AR 76, mereka ingin SUV itu bisa digunakan oleh kalangan militer. Seperti yang dialami oleh mobil SUV legendaris lainnya, Hummer. Malah kalau bisa mengalahkan Hummer.

Untuk mewujudkan cita-cita itu Fiat bekerja sama dengan pabrikan mobil Italia lainnya, Iveco. Diketahui Iveco memang spesialis dalam membuat mobil-mobil berukuran besar seperti truk dan mobil van. Keduanya, Fiat dan Iveco akhirnya sepakat membuat mobil spesial bernama Fiat Oltre.

Fiat Oltre, Saat Fiat Gagal Meniru dan Mengalahkan Hummer


Hanya saja meski sudah berkolaborasi, produk yang mereka buat dengan nama Fiat Oltre itu justru terlampau mirip dengan Hummer. Memang tidak bisa dipungkiri saat itu popularitas Hummer lagi tinggi-tingginya. Tidak heran jika desainer Fiat dan Iveco sedikit terpengaruh dari desain Hummer.

Saat itu Fiat dan Iveco melengkapi mobil itu dengan mesin 4 silinder dengan kapasitas silinder 3,0 liter. Mesin itu bisa menggelontorkan tenaga sebesar 185 daya kuda dan torsi maksimal 456 Nm. (Baca juga : Aston Martin Angkat Kenangan Pesawat Supersonik Concorde )

Fiat mengaku mobil itu sudah mendapatkan peminang yakni angkatan bersenjata Inggris dan Italia. Hanya saja hingga kini tidak ada satu pun Fiat Oltre yang diantar ke Inggris dan Italia.

Fiat Oltre, Saat Fiat Gagal Meniru dan Mengalahkan Hummer


Fiat bahkan tidak jadi memproduksi mobil itu secara massal. Menurut situs Top Gear mereka menemukan fakta bahwa pasar dari mobil seperti Hummer dan kebutuhan militer sangat kecil. Terlalu besar ongkos produksi yang dihabiskan hanya untuk memenuhi kebutuhan yang tidak menguntungkan. Alhasil, Fiat Oltre kini hanya bisa jadi sejarah buat Fiat.

Hanya saja peluang membangkitkan kembali Fiat Oltre terbuka lebar. Pasalnya Fiat merupakan induk perusahaan dari mobil SUV yang juga sangat legendaris, Jeep. Bisa saja ada sharing technology yang membuat Fiat makin canggih dalam membuat SUV.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3379 seconds (0.1#10.140)