Volkswagen Buat Robot Pengisi Ulang Baterai Mobil Listrik

Rabu, 30 Desember 2020 - 10:06 WIB
loading...
Volkswagen Buat Robot Pengisi Ulang Baterai Mobil Listrik
Robot buatan Volkswagen dapat mengisi ulang baterai mobil listrik tanpa bantuan manusia. Foto/IST
A A A
WOLFSBURG - Volkswagen benar-benar siap berperang dalam persaingan mobil listrik. Selain menghamburkan ribuan triliun rupiah untuk produksi mobil listrik baru dan pengadaan infrastruktur pendukung mobil listrik, kali ini perusahaan mobil asal Jerman itu merilis sebuah konsep stasiun pengisian listrik ulang berjalan. (Baca juga : Sorry Corona, Toyota Tetap Pecahkan Rekor Produksi Tahun Ini )

Bentuk stasiun pengisian listrik ulang berjalan itu cukup unik karena berbentuk robot. Bentuknya hampir mirip dengan robot-robot yang ada di film Star Wars. Satu robot itu sendiri memiliki kapasitas energi listrik 25 kWh dan dapat mengisi baterai listrik hingga 50 kW.

"Ketersediaan infrastruktur yang dapat ditemukan dimana-mana merupakan kunci keberhasilan mobilitas listrik. Robot pengisian daya kami hanyalah salah satu dari beberapa pendekatan, tetapi tidak diragukan lagi merupakan salah satu yang paling visioner," ujar Thomas Schmall, CEO of Volkswagen Group Components.



Thomas Schmall melanjutkan ide dari pembuatan robot itu berangkat dari keprihatinan akan sulitnya pemilik mobil listrik yang tinggal di apartemen dalam mengisi ulang mobil mereka. Selain itu juga bagi para pemilik mobil listrik yang lokasi tinggalnya tidak terdapat stasiun pengisian kendaraan listrik ulang. (Baca juga : Akhirnya, Nissan Bertobat dan Siap Belajar dari Kesalahan )

Cara kerja robot itu sendiri dilakukan memlalui sebuah aplikasi dan komunikasi antara mobil dengan robot. Seluruh pekerjaan akan dilakukan dengan teknologi otonom. Robot akan bergerak menuju mobil listrik yang telah ditetapkan berdasarkan kordinat yang telah diberikan mobil atau aplikasi kepada robot tersebut.

Setelahnya seluruh pengisian ulang akan dilakukan oleh robot tanpa bantuan manusia. Seluruh proses mulai dari membuka tutup baterai, mengisi ulang dan memutuskan aliran listrik jika kondisi baterai sudah terisi penuh.

Robot ini juga memungkinkan pengisian ulang mobil listrik dalam jumlah besar. Caranya robot akan membawa unit penyimpanan energi ke lokasi yang ditetapkan. Setelahnya robot akan menghubungkan seluruh mobil yang ada dengan unit penyimpanan energi tersebut.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2538 seconds (0.1#10.140)