Boleh Memakai Ban Mobil Berbeda Merek, Asalkan Masih 1 Jenis

Sabtu, 23 Januari 2021 - 19:05 WIB
loading...
Boleh Memakai Ban Mobil Berbeda Merek, Asalkan Masih 1 Jenis
Mengganti ban mobil tidak boleh sembarangan agar tidak terjadi hal buruk pada kendaraan dan juga penumpang di dalam mobil saat berkendara.
A A A
JAKARTA - Ban menjadi komponen paling penting pada sebuah mobil karena bersentuhan langsung dengan aspal jalan. Makin sering dikendarai, karet pada ban mobil akan semakin tipis dan mau tidak mau harus diganti.

Lantas, bolehkah mengganti keempat ban dengan merek yang berbeda-beda?



Dilansir dari Auto2000, Kamis (21/1), mengganti ban mobil tidak boleh sembarangan agar tidak terjadi hal buruk pada kendaraan dan juga penumpang di dalam mobil saat berkendara.

Disarankan untuk menggunakan ban dengan merek dan jenis yang sama. Tapi, dikondisi tertentu, pemilik kendaraan boleh memakai ban mobil dari jenis atau merek yang berbeda, tentu ada hal yang harus diperhatikan.

Walaupun memakai ban dengan merek yang berbeda, usahakan ukuran ban tidak boleh beda atau disamakan dengan ban yang dipakai sebelumnya. Jika ukurannya berbeda, berisiko kendaraan sulit dikendalikan.

Tak hanya itu, pemilik mobil juga boleh menggunakan ban depan dan belakang berbeda merek, asal jenis yang digunakan sama. Jangan sampai ban mobil berjenis city car, diganti dengan off-road.



Kemudian, ban yang berbeda merek itu diperbolehkan asal dipasang dalam satu poros (kanan dan kiri). Memasang ban berbeda merk pada poros yang berbeda akan membuat mobil tidak seimbang.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4076 seconds (0.1#10.140)