Pertempuran SUV Kompak Murah Memanas, Kini Giliran Renault Kiger Muncul

Jum'at, 29 Januari 2021 - 06:00 WIB
loading...
Pertempuran SUV Kompak Murah Memanas, Kini Giliran Renault Kiger Muncul
Renault Kiger resmi melakukan debut global di India, kemarin. Mobil ini akan jadi SUV kompak murah dari Renault. Foto/Autocar India
A A A
INDIA - Pertempuran SUV kompak dengan harga murah atau kompetitif kian memanas. Setelah Nissan Magnite dan KIA Sonet, kini giliran Renault Kiger yang muncul.

SUV kompak andalan Renault itu resmi meluncur secara global di India pada 28 Januari kemarin. Yang menarik desain Renault Kiger justru tidak jauh berbeda dengan desain Renault Kiger Concept yang diluncurkan tahun lalu. Buktinya Renault masih mempertahankan lampu utama horisontal dan deretan LED futuristis yang sebelumnya ditemukan di versi mobil konsep.

Pertempuran SUV Kompak Murah Memanas, Kini Giliran Renault Kiger Muncul


Begitu juga kap mesin atau bonnet yang terlihat tinggi. Renault tetap mempertahankan desin bonnet itu seperti di mobil konsep. Untuk grille, Renault Kiger membuat grille yang ada di Renault Kwid jadi lebih gagah dan sporty.

Di bagian samping, SUV ini baru terlihat kompak. Ukurannya bahkan tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan saudaranya yang lebih imut yakni Renault Kwid. Ruang over fender yang besar juga sedikit jomplang dengan ukuran ban ring 16. Tapi ini akan jadi keuntungan buat konsumen jika ingin menggunakan ban berukuran besar agar jadi lebih gagah.

Di bagian belakang Renault Kiger juga tetap mempertahankan desain yang ada di Renault Kiger Concept. Lampu belakang C Shape tetap dipertahankan, Begitu juga dengan skid plate berwarna perah yang kokoh. Bagian belakang terlihat menggembung sehingga membuat SUV jadi terasa besar.

Kaca belakang juga dibuat melandai. Berpad dinamis dengan sayap belakang. Saat peluncuran, Renault menghadirkan varian tertinggi Kiger dimana itu terlihat dari konsep dua warna di bagian eksterior. Dimana bagian atap mobil tampil dengan warna gelap. Hingga menimbulkan kesan atap melayang.

Pertempuran SUV Kompak Murah Memanas, Kini Giliran Renault Kiger Muncul


Untuk pilihan mesin, Renault menyediakan dua pilihan mesin yakni mesin 3 silinder 999 cc dengan tenaga maksimal 72 daya kuda dan torsi maksimal 96 Nm di 3.500 RPM dan mesin 3 silinder 999 cc plus turbo dengan tenaga maksimal 100 daya kuda dan torsi maksimal 160 Nm. Kedua mesin hadir dengan dua pilihan transmisi yakni otomatis 5 percepatan dan manual 5 percepatan.

Renault memang belum memberikan harga resmi dari Renault Kiger. Hanya saja digadang-gadang harga mobil ini akan bertarung dengan SUV kompak murah lainnya seperti Nissan Magnite, KIA Sonet, Suzuki Vitara Brezza, Tata Nexon dan Hyundai Venue.

Mobil ini pun dipastikan akan hadir di Indonesia. Pasalnya Renault Maxindo Indonesia sudah memastikan akan membawa Renault Kiger ke Tanah Air.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1670 seconds (0.1#10.140)