Adu Fitur, Honda PCX 160 dan Yamaha Nmax 155, Siapa yang Unggul?

Sabtu, 06 Februari 2021 - 14:28 WIB
loading...
Adu Fitur, Honda PCX 160 dan Yamaha Nmax 155, Siapa yang Unggul?
Pertarungan Honda PCX 160 dan Yamaha Nmax 155 semakin ketat karena keduanya sudah hadir dalam model baru. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Honda PCX 160 dan Yamaha Nmax 155 memiliki fitur canggih terkini. Nah, siapa yang unggul di antara mereka mengingat kedua skutik itu selalu jadi rival abadi di pasar skutik premium.

Kedua skutik ini sebenarnya punya satu keunggulan yang tidak dimiliki oleh satu dan lainnya. Misalnya fitur konektivitas ponsel pintar dengan motor yang ada di Yamaha Nmax 155. Honda PCX 160 tidak memiliki fitur itu. Sebaliknya Honda PCX 160 memiliki fitur kontrol yang canggih yang dinamakan Honda Selectable Torque Control (HSTC) yang menjamin kontrol traksi motor tetap prima di berbagai medan termasuk jalan licin sekali pun. Kontrol traksi ini penting dan biasanya ditemukan di motor-motor yang harganya mahal.

Nah selain dua fitur tadi, fitur apa saja yang membuat kedua skutik premium ini bakal bersaing keras di pasar otomotif roda dua. Dan bagaimana juga perbandingan harganya?

All New Yamaha Nmax 155

Adu Fitur, Honda PCX 160 dan Yamaha Nmax 155, Siapa yang Unggul?


- Skutik andalan Yamaha ini dipasarkan dengan harga Rp31 juta untuk Y-Connect, Standar (Rp29,750 juta) dan ABS (Rp33,750 juta).
- Memiliki Handle Bar Switch Control untuk memilih tampilan informasi dan pegaturan pada speedometer.
- Punya Electric Power Socket untuk mengisi daya baterai smartphone pengendara.
- Ruang bagasinya mampu menyimpan helm full face ukuran XL.
- Mesin Total New Engine Blue Core 155 cc berteknologi Variavle Valve Actuation (VVA),yang bisa mengirim tenaga 11,3 kW di kitiran 8.000 RPM ke roda belakang dan torsi maksimal 13,9 Nm di kitiran 6.500 RPM.
- Adanya fitur Smart Key System (SKS) yang terintegrasi dengan Immobilizer Anti-Thef Alar dan Answer Back System.
- Panel indikator motor sudah full digital dan dapat terhubung dengan smartphone melalui teknologi Y-Connect via Bluetooth.

Honda PCX 160

Adu Fitur, Honda PCX 160 dan Yamaha Nmax 155, Siapa yang Unggul?


- Honda PCX hadir dengan tiga varian CBS, ABS dan varian hybrid e:HEV. CBS dijual di harga Rp30,35 juta, ABS Rp33,95 juta dan e:HEV di harga 43,55 juta.
- New Fuel tank dengan cup holder dengan kapasitas yang makin besar 8,1 liter.
- Kapasitas bagasi kini ditingkatkan menjadi 30 liter untuk tipe CBS dan ABS, serta 24 liter untuk e:HEV.
- Panel indikator full digital
- Honda Smart Key System (SKS) terintegrasi dengan immobilizer, sistem keamanan anti-theft alarm dan Answer Back System.
- Mesin berpendingin cairan yang bisa menghasilkan tenaga 11,8 KW di kitiran 8.500 RPM dan torsi puncak 14,7 Nm di kitiran 6.500 RPM.
- Suspensi baru yang semakin panjang 1 centimeter
- USB charger type A

Dari berbagai fitur di atas sebenarnya kedua skutik sedikit memiliki banyak persamaan fitur fungsionalitas. Hanya saja memang ada beberapa fitur tertentu yang memang sedikit berbeda. Misalnya USB Charger di Honda PCX sudah menggunakan type A yang akan sangat memudahkan konsumen dalam mengisi ulang ponsel mereka karena hanya tinggal colok. Sebaliknya Yamaha Nmax membutuhkan adapter tambahan agar bisa mengisi ulang ponsel.

Jadi memang pantas kedua skutik ini merupakan skutik yang paling sering berjibaku di segmen skutik premium. Nah, sekarang tinggal cocokkan harga dan juga pertimbangan desain yang memang lebih mengarah pada pertimbangan subjektif pembeli itu sendiri.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2075 seconds (0.1#10.140)