Tesla Jangan Sembarangan Nerobos Banjir, Garansi Baterai Hangus

Kamis, 18 Februari 2021 - 03:30 WIB
loading...
Tesla Jangan Sembarangan Nerobos Banjir, Garansi Baterai Hangus
Tesla Model S tengah mencoba menerobos banjir yang terjadi di sebuah kota. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Pemilik mobil listrik Tesla harus waspada dengan adanya banjir atau genangan air yang kerap terjadi di beberapa titik di wilayah Ibu Kota belakangan ini. Jangan sembarangan nerobos banjir yang bisa jadi akan merusak baterai mobil listrik.



Pasalnya berdasarkan buku garansi yang bisa diakses melalui situs resmi Tesla, membuat baterai terkena air atau kena banjir merupakan salah satu tindakan yang dianggap menghanguskan garansi baterai. Dalam ketentuan garansi tersebut disebutkan Tesla tidak akan mengganti baterai mobil listrik mereka apabila pengemudi melakukan tiga hal.

Tesla Jangan Sembarangan Nerobos Banjir, Garansi Baterai Hangus


Pertama dengan sengaja merusak baterai karena melakukan pemrograman yang tidak sesuai ketentuan Tesla, tindakan fisik hingga metode lainnya. Kedua sengaja mengarahkan baterai ke sumber api dan terakhir membuat baterai kebanjiran. Ketiga hal itu menurut Tesla akan menghanguskan garansi yang mereka berikan.

Perlu diketahui setiap model mobil listrik Tesla memang mendapatkan garansi baterai selama 8 tahun. Hanya saja jika jaminan garansi baterai itu tidak berlaku apabila ketiga hal di atas tadi termasuk membuat baterai kebanjiran dilakukan.



Tesla memang mengakui saat ini teknologi yang mereka miliki mampu melindungi baterai mobil mereka dari benturan keras hingga air. Hanya saja banyak testimoni di berbagai forum, bahkan di forum resmi Tesla sendiri, yang mengaku baterai mobil mereka rusak karena nekat nerobos banjir.

Dan untuk penggantian biaya baterai juga tidak akan murah. Situs Current Automotive bahkan pernah memuat pengakuan pemilik Tesla Model 3 yang terpaksa mengganti baterai mobil listrik kesayangannya itu karena melakukan tiga ketentuan di atas. Biaya yang dikeluarkan mencapai USD16.000 atau setara Rp221,4 juta.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2080 seconds (0.1#10.140)