Gila, Ducati Recall XDiavel karena Standar Samping

Jum'at, 26 Februari 2021 - 11:00 WIB
loading...
Gila, Ducati Recall XDiavel karena Standar Samping
Ducati XDiavel mengalami masalah di bagian standar samping yang tidak kuat menopang bobot motor. Foto/IST
AMERIKA SERIKAT - Ducati North America baru-baru ini mengadakan program recall untuk motor cruiser mereka Ducati XDiavel. Disebutkan situs Rideapart, Ducati XDiavel tersebut ditarik kembali karena mengalami masalah di bagian standar samping.

Baca juga : 45 Supercar Dicegat Polisi Sekaligus Karena Balapan Liar

National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), menyebutkan sebanyak 2 persen dari 1.601 Ducati XDiavel yang dipasarkan di Amerika Serikat mengalami masalah di bagian standar samping yang sangat lemah dalam menopang beban motor. Alhasil motor tersebut akan sangat mudah jatuh. Semakin berat motornya maka semakin mudah jatuh. Seluruh varian yang ada di Ducati XDiavel yakni Ducati XDiavel S dan Ducati XDiavel STD yang diproduksi dari 2016-2018 menurut NHTSA mengalami hal yang sama.

Gila, Ducati Recall XDiavel karena Standar Samping




NHTSA sendiri mengatakan upaya penarikan kembali merupakan informasi dari Ducati. Ducati pernah mendapatkan laporan atas gagal fungsinya standar samping Ducati XDiavel. Dari situ mereka kemudian melakukan penelitian dan menemukan fakta bahwa seiring waktu penggunaan, standar samping Ducati XDiavel mengalami penurunan kemampuan menopang motor. Hal ini terjadi karena tekanan yang sangat besar dari bobot motor yang ditopang oleh standar samping tersebut.

Baca juga : Peugeot Akhirnya Ubah Logo Singa Jingkrak Jadi Kepala Singa

Dalam contoh yang ekstrim lagi, standar samping menurut Ducati akan patah jika terus-terusan dibiarkan menopang motor berbobot 220 kilogram itu. Dikhawatirkan ketika standar samping patah dan pengendara motor itu masih ada di atas jok maka akan terjadi cedera.



Sayangnya Ducati tidak menyebutkan apa penyebab kegagalan kerja standar samping itu. Apakah terjadi karena proses produksi atau memang karena material hingga komponen pembuatan standar samping yang tidak mendukung bobot Ducati XDiavel.

Proses recall rencananya akan dimulai pada 15Maret nanti dimana mereka akan memanggil semua pengguna Ducati XDiavel yang ada di Amerika Serikat. Ducati sendiri tidak menyebutkan apakah masalah yang sama juga terjadi bagi Ducati XDiavel yang dipasarkan di negara lain termasuk di Indonesia.
(wsb)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE