Sambut Era Mobil Listrik, Osamu Suzuki Tinggalkan Suzuki?

Minggu, 28 Februari 2021 - 22:04 WIB
loading...
Sambut Era Mobil Listrik, Osamu Suzuki Tinggalkan Suzuki?
Osamu Suzuki dikabarkan akan tinggalkan Suzuki. FOTO/ IST
TOKYO - Bos besar Suzuki Motor Corp yang berusia Osamu Suzuki berencana akan meninggalkan Suzuki Juni 2021.

Posisi tersebut akan diberikan kepada putranya, Toshihiro Suzuki yang merupakan Presiden dan CEO dari perusahaan manufaktur kendaraan.

Suzuki mengatakan dia mengundurkan diri untuk memberi jalan bagi untuk program transisi kendaraan listrik dan tantangan dari perusahaan baru di industri otomotif seperti menghadapi Apple dan Tesla.

Osamu Suzuki mengatakan akan berperan sebagai penasihat di perusahaan tersebut.



"Saya tidak akan lari atau tinggal diam," kata Suzuki seperti dilansir Carscoops.

Ia menambahkan, akan selalu aktif di perusahaan yang didirikan oleh kakeknya hingga istrinya tersebut.

Saham Suzuki Motor sempat naik hingga 5,5% setelah berita perubahan manajemen tersebut, sebelum akhirnya ditutup naik 2,7%. Setelah penutupan pasar, Suzuki juga mengumumkan target keuangan baru yang bertujuan mendorong penjualan hingga 3,4 juta mobil per tahun hingga Maret 2020. Suzuki juga menargetkan rekor pendapatan 3,7 triliun yen pada tahun yang sama, dibandingkan proyeksi 3,1 triliun yen pada tahun ini.



Osamu Suzuki yang nama aslinya Osamu Matsuda itu bergabung di perusahaan pada 1958 setelah menikahi salah satu anak pemilik perusahaan. Perusahaan itu didirikan oleh kakek istrinya. Selama hampir empat dekade memimpin, Suzuki mengubah perusahaan itu menjadi salah satu produsen automotif terbesar di dunia, termasuk memasuki pasar India pada awal 1980-an.

Suzuki melalui anak usaha lokal Maruti Suzuki India Ltd, menjadi produsen automotif dengan penjualan terbesar di India dan memiliki kapitalisasi pasar 2,24 triliun yen, hampir setara dengan Fiat Chrysler Automobiles.
(wbs)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE