Selamat Tinggal dan Terima Kasih, Honda Jazz!

Rabu, 03 Maret 2021 - 22:14 WIB
loading...
Selamat Tinggal dan Terima Kasih, Honda Jazz!
Honda Jazz dihentikan produksinya setelah 18 tahun menemani pecinta hatchback di Indonesia. Foto: sindonews/astra bonardo
A A A
JAKARTA - Bernasib sama seperti Honda Freed , PT Honda Prospect Motor (HPM) akhirnya resmi menghentikan produksi Honda Jazz . Di segmen hatchback, Honda Jazz digantikan oleh Honda City Hatchback RS yang baru saja dikenalkan.

Honda pernah “membunuh” model populer mereka Honda Freed di 2014. Alasannya sangat masuk akal. Karena Harga Freed baru yang dirilis di Jepang saat itu sudah hampir menyentuh angka Rp400 juta yang jadi terlalu mahal bagi konsumen di Indonesia.



Selain itu, penjualan Honda Freed terbilang kurang menggembirakan. Dengan banderol Rp250 juta-Rp290 juta, Honda Freed saat itu terjual sekitar 500-1.000 unit. Padahal untuk produksi lokal, penjualan harus di atas 1.000 unit per bulan agar menguntungkan.

Mau tidak mau, Honda Freed pun disuntik mati. Tapi, saat itu Honda sudah memiliki tiga model yang siap menggantikan hilangnya penjualan Freed. Antara lain Honda HR-V, Honda Mobilio, dan Honda BR-V.

7 tahun kemudian, ternyata Honda Jazz mengalami hal serupa. Ini keputusan berat tapi tetap harus diambil. Berat, karena Honda Jazz punya peran penting membesarkan nama Honda di Indonesia.

Honda Jazz masuk Indonesia pertama pada 2004, dan membuat mobil hatchback bergairah. Honda Jazz generasi pertama dijejali mesin 4 silinder SOHC berkapasitas 1.500 cc, i-DSI yang mampu menghasilkan daya hingga 85 Tenaga kuda (Tk) pada 5.500 rpm dengan torsi 128 Nm pada 2.700 rpm.

Selamat Tinggal dan Terima Kasih, Honda Jazz!

Hadir dalam tiga generasi di Indonesia, bisa dibilang Honda Jazz adalah mobil yang mewakili selera konsumen Indonesia. Mobil tersebut kompak, tapi memiliki kabin dan bagasi yang luas. Jazz juga dikenal dengan performa serta tampang sporty. Performanya terbukti di berbagai kejuaraan balap di Indonesia. Sedangkan tampang sportynya menjadi ikon kompetisi modifikasi seperti Honda Jazz Tuning Contest.

”Produksi terakhir Honda Jazz di Februari 2021. Di bulan Maret kami tidak produksi lagi. Saat ini hanya ada 300 unit terakhir yang tersisa di seluruh Indonesia,” ujar Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor.

Baca Juga: Bisakah Honda Jazz 2020 Menyelamatkan Pasar Hatchback?
Selamat Tinggal dan Terima Kasih, Honda Jazz!

Selama 2020, Honda Jazz terjual sebesar 6.533 unit. Bahkan masih di atas Honda BR-V ataupun Honda CR-V. Karena itu, bisa dibilang Honda Jazz memiliki akhir yang manis di Indonesia. Sebab, walau penjualannya tidak sebaik 4-5 tahun lalu, namun posisii Jazz tetap menjadi pemimpin segmen hatchback di Indonesia.

Seperti Freed, Honda Jazz masih akan ada di Indonesia. Tetap diburu oleh penggemar mobil bekas yang memiliki minat di segmen hatchback.

Sementara itu, takhta Honda Jazz akan diberikan ke Honda City Hatchback RS yang akan menjadi penggantinya. Model tersebut ditargetkan terjual 1.000 unit per bulan atau 2x lebih besar dari penjualan Jazz saat ini.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4299 seconds (0.1#10.140)