Brough Superior Lawrence Kembali Meluncurkan Motor Nostalgia Bertampang Sadis

Senin, 08 Maret 2021 - 07:02 WIB
loading...
Brough Superior Lawrence Kembali Meluncurkan Motor Nostalgia Bertampang Sadis
Brough Superior Lawrence. FOTO/ IST
A A A
LONDON - Produsen motor asal Inggris, Brough Superior, menghadirkan motor terbaru Brough Superior Lawrence . Motor terbaru hadir sebagai bentuk penghormatan pada T.E Lawrence atau lebih dikenal dengan Lawrence of Arabia.

Seperti dilansir dari Xedong, Motor edisi khusus yang baru saja diluncurkan oleh Brough Superior motor edisi khusus ini dihadirkan dengan desain proporsi yang epik, bentuk siluet yang lebih halus dan lebih ramping, bahan ultra-ringan, dan detail yang dipesan lebih dahulu untuk model 2021 yang baru.

.

Motor ini mengusung mesin berkapasitas 997cc, 88 ° V-twin yang dilengkapi kepala empat katup. Mesin itu dapat menghasilkan tenaga mencapai 102 bhp yang praktis, dengan torsi 64lb-ft yang ditawarkan pada 7.300rpm.

Rangka motor ini sepenuhhnya terbuat dari titanium. Suspensi depan menggunakan model Fior dan suspense belakang model monoshock yang sangat nyaman.

Pada bagian belakang kita bisa melihat lagi swingarm mesin aluminium yang sangat memukau, dengan monoshock yang dapat disetel dan rebound yang menjaga mesin tetap terkendali.
Brough Superior Lawrence Kembali Meluncurkan Motor Nostalgia Bertampang Sadis

Secara keseluruhan motor ini bisa dikatakan sebagai titisan dari Brough Superior SS100 yang pernah digunakan oleh T.E Lawrence pada era tahun 1935. Meski memiliki tampilan klasik, motor yang hadir saat ini tetap menggusung sisi gaya dan teknologi masa kini.

Pria Inggris ini dikenal sebagai tokoh perwira militer, diplomat, dan juga seorang penulis yang kerap dijuluki Lawrence of Arabia. Lalu kenapa bisa-bisanya tokoh militer ini bikin orang-orang jadi mau naik motor pakai helm?

Ternyata bukan karena T. E. Lawrence yang bikin peraturan naik motor wajib pakai helm, justru kisahnya cukup tragis.

Lawrence dikenal sebagai biker dan nahasnya ia harus kehilangan nyawa karena kecelakaan sepeda motor pada usia 46 tahun.

Penghormatan diberikan kepada Lawrence atas peran sertanya dalam mempopulerkan sepeda motor asal Inggris tersebut.

.

Sejarah juga mencantumkan nama T.E Lawrence sebagai orang yang pertama kali menghadirkan helm bagi pengendara sepeda motor.
Brough Superior Lawrence Kembali Meluncurkan Motor Nostalgia Bertampang Sadis

Kala itu, dengan sepeda motor Brough Superior SS100 nya, Lawrence mengalami kecelakaan yang hampir fatal. Dimana saat dia menikung dalam sebuah perjalanan dia terkejut dengan adanya anak-anak yang sedang bermain. Hasilnya Lawrence terjatuh dan mengalami cedera pada bagian kepala.

Saat itulah, dibutuhkan sebuah alat yang secara fungsi digunakan sebagai alat pelindung kepala saat berkendara dengan sepeda motor.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2089 seconds (0.1#10.140)