Jangan Kaget, Teknologi Mobil Otonom Sudah ada di Indonesia

Minggu, 14 Maret 2021 - 07:00 WIB
loading...
Jangan Kaget, Teknologi Mobil Otonom Sudah ada di Indonesia
Teknologi mobil otonom ternyata sudah ada yang dihadirkan di Indonesia hingga level 2. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Teknologi mobil otonom, yang bisa berjalan sendiri,ternyata sudah ada diIndonesia. Kehadiran teknologi otomotif canggih itu ternyata sudah bisa dinikmati melalui beberapa mobil yang sudah dipasarkan di Indonesia.


Penerapan teknologi otonom yang datang ke Indonesia sebenarnya sudah ada melalui teknologi sederhana yang ada di beberapa mobil seperti Adaptive Cruise Control dan Park Assist. Berdasarkan definisi yang ditetapkan oleh Society Automotive Engineer International (SAE) penggunaan Adaptive Cruise Control dan Park Asisst masuk dalam level 1 mobil otonom.

Diketahui, teknologi otonom berdasarkan SAE International memiliki enam level kemampuan berjalan sendiri. Mulai dari level 0 yang tidak memiliki teknologi otonom dan level 1 mobil otonom dimana bantuan pengemudi masih berperan penting. Sementrara level 2 mobil otonom adalah kemampuan mobil berjalan sendiri sebagian artinya mobil sudah bisa berjalan sendiri namun pengemudi masih harus tetap siap siaga jika mobil menghadapi kondisi jalan tertentu.

Sementara di level 3 teknologi otonom, pengemudi sudah bisa membiarkan mobil berjalan sendiri dan tidak perlu memerhatikan kondisi jalan. Hanya saja masih ada beberapa kondisi tertentu dimana pengemudi diwajibkan tetap memegang kemudi mobil.

Di level 4 teknologi otonom, pengemudi jauh lebih bebas dalam membiarkan mobil berjalan sendiri. Mereka bahkan diizinkan untuk tidur di dalam mobil dan membiarkan mobil berjalan sendiri. Hanya saja mobil leve 4 teknologi otonom hanya boleh dijalankan di lokasi-lokasi tertentu.

Terakhir di level 5 teknologi otonom, pengemudi memiliki kemampuan yang sama di level 4. Bedanya tidak ada batasan lokasi tertentu. Mobil level 5 teknologi otonom bebas berjalan sendiri dimana saja tanpa intervensi pengemudi sekali pun.


Nah, jangan salah sangka enerapan teknologi otonom kini ternyata sudah populer di Indonesia. Bahkan beberapanya akan hadir di Indonesia dalam waktu dekat, apa saja?

Wuling Almaz RS (Level 2)
Jangan Kaget, Teknologi Mobil Otonom Sudah ada di Indonesia


Wuling Almaz RS rencananya akan diluncurkan dalam waktu dekat. Nah menariknya dalam beberapa sosial media Wuling diperlihatkan kemampuan SUV buatan Wuling di Indonesia itu dilengkapi dengan teknologi otonom Level 2. Hal ini terlihat dimana pengemudi tidak memegang palang kemudi. Selama berjalan palang kemudi bahkan beberapa kali mengendalikan laju kendaraan. Hanya saja pengemudi masih tetap berada dalam pengawasan sesuai dengan ketentuan Level 2 mobil otonom.

Semua Model Tesla (Level 2)
Jangan Kaget, Teknologi Mobil Otonom Sudah ada di Indonesia
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2258 seconds (0.1#10.140)