Suzuki Jimny Versi Lebih Panjang Terlihat Berkeliaran di Jalan

Rabu, 17 Maret 2021 - 10:31 WIB
loading...
Suzuki Jimny Versi Lebih Panjang Terlihat Berkeliaran di Jalan
Tampak spy shot Suzuki Jimny yang memberi kita pandangan awal seputar Jimny dengan bodi lebih panjang. Foto-foto/Motor1
A A A
TOKYO - Off-roader favorit, Suzuki Jimny , sudah ditawarkan dalam beberapa varian, tergantung pasarnya. Versi global (dikenal di Jepang sebagai Jimny Sierra) memiliki panjang 3.550 milimeter (139,8 inci) sedangkan mobil Kei spesifikasi JDM hanya 3.395 mm (133,7 inci).

Model di India merupakan yang terbesar, berukuran 3.645 mm (143,5 in). Seperti yang dikabarkan sebelumnya, Jimny dengan wheelbase panjang akan segera hadir, dan spy shot dari Motor1 di artikel ini memberi kita pandangan awal seputar Jimny dengan bodi lebih panjang.
Suzuki Jimny Versi Lebih Panjang Terlihat Berkeliaran di Jalan

Motor1 melaporkan, selain jarak ekstra antara as roda depan dan belakang, prototipe ini terlihat hampir sama dengan konfigurasi Jimny yang lebih pendek, lengkap dengan roda cadangan yang dipasang di belakang mirip Mercedes G-Class. Menariknya, mobil ini masih hanya memiliki dua pintu, meskipun kita mendengar gaya bodi empat pintu yang lebih praktis menjadi agenda untuk memudahkan penumpang belakang keluar-masuk. Sebab, konfigurasi jarak sumbu roda yang panjang akan memberikan keuntungan dalam hal ruang kaki belakang dan memungkinkan ruang kargo sedikit lebih luas.

Belum ada kabar apakah Suzuki juga merencanakan versi pikap mengingat konsep Jimny Survive untuk Tokyo Auto Salon beberapa tahun lalu memiliki tempat tidur mungil. Jarak sumbu roda yang diperpanjang dan kemungkinan jok belakang dihapus dapat memberi ruang untuk tempat tidur truk yang lebih besar, tapi masih harus dilihat apakah itu akan terjadi.
Suzuki Jimny Versi Lebih Panjang Terlihat Berkeliaran di Jalan

Masalah yang lebih mendesak adalah status Jimny di Eropa, karena pada tahun 2020 Suzuki terpaksa mengubah model saat ini menjadi kendaraan komersial dua tempat duduk guna membantu memenuhi emisi CO2 rata-rata armada perusahaan. Homologasi Jimny sebagai kendaraan komersial berarti unit harus tunduk pada target rata-rata armada UE yang jauh lebih ketat yaitu 147 gr/km daripada 95 gr/km untuk mobil penumpang.

Dalam skenario yang ideal, Jimny LWB akan memiliki mesin yang lebih efisien (dan bertenaga) daripada mesin 1.5-liter yang disedot secara alami dengan tenaga 100 tenaga kuda yang ditawarkan saat ini. Mesin yang lebih tipis, mungkin dengan bantuan hibridisasi dan turbocharging, akan mengembalikan versi penumpang, tapi itu hanya angan-angan pada saat ini.
Suzuki Jimny Versi Lebih Panjang Terlihat Berkeliaran di Jalan

Suzuki diperkirakan akan mengungkap Jimny yang membentang akhir tahun ini ketika turunan empat pintu itu juga bisa bergabung. Dari apa yang kita dengar, versi dengan pintu belakang akan dirakit di India dengan menggunakan kit yang diimpor dari Jepang. Yang publik otomotif harapkan, pabrikan memiliki rencana global untuk Jimny yang lebih ramah keluarga. Baca juga: Sidang Kasus Benih Lobster, KPK Panggil Edhy Prabowo dan Istri sebagai Saksi
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1854 seconds (0.1#10.140)