Bikin Merek Baru, Geely Berambisi Mengalahkan Tesla

Sabtu, 20 Maret 2021 - 10:01 WIB
loading...
Bikin Merek Baru, Geely Berambisi Mengalahkan Tesla
Geely ingin membuat mobil listrik sendiri disamping telah berhasil melakukannya melalui tangan Volvo dengan merek Polestar. Foto/IST
A A A
CHINA - Perusahaan mobil China, Geely berambisi mengalahkan Tesla dengan menghadirkan merek mobil listrik baru bernama Zeekr. Autoblog mengatakan kehadiran Zeekr justru menunjukkan kesan bahwa Geely tidak merasa cukup membuat mobil listrik Polestar hasil kolaborasi dengan Volvo.

Lewat Zeekr, Geely berupaya menghadirkan mobil listrik dengan kualitas premium. Jadi target pasar Zeekr memang menyasar konsumen yang menginginkan mobil-mobil listrik dengan tampilan premium layaknya Mercedes-Benz dan canggih seperti Tesla . Hal ini sesuai dengan keinginan Chairman Geely, Li Shufu yang memang ingin ada mobil listrik yang mampu mengalahkan Tesla dan sama mewahnya dengan Mercedes-Benz.

Baca juga : Morgan Motor Hadir di Indonesia, Bidik Crazy Rich Penggemar Mobil Klasik

Bikin Merek Baru, Geely Berambisi Mengalahkan Tesla


Berbeda dengan Polestar yang dibuat oleh Volvo, Zeekr nantinya murni akan dibuat oleh Geely. Mobil listrik itu nantinya akan menggunakan teknologi mobil listrik yang dikembangkan Geely, Lingling Technologies.

Selain itu mereka juga akan menggunakan platform yang telah dikembangkan Geely yakni Sustainable Experience Architecture (SEA). Strategi penjualannya juga akan berbeda.

Zeekr nantinya akan meniru strategi Tesla yang menjual mobil mereka melalui pusat gaya hidup. Pasalnya Zeekr juga akan mencoba mengoneksi mobil listrik dengan gaya hidup. Mereka berencana menjual berbagai perlengkapan gaya hidup yang berasosiasi dengan mobil listrik Zeekr.

Baca juga : Harga Mobil Bekas Mitsubishi Xpander Belum Goyah Pasca Relaksasi PPnBM

Alan Kang, analis otomotif dari LMC Automotive mengatakan langkah Geely dengan membuat mobil listrik baru di luar Polestar memang tak bisa dihindari. Mereka tidak bisa mengandalkan Polestar yang dibuat Volvo karena memang tidak akan memiliki imbas positif langsung ke Geely. "Geely tidak memiliki kekuntungan yang jelas dari mobil listrik saat ini. Jadi mereka berupaya membuat inovasi sendiri dengan menghadirkan merek baru," ujar Alan Kang.

Keinginan Geely mengalahkan Tesla sebenarnya juga dilakukan oleh perusahaan mobil lainnya. General Motors, Volkswagen hingga BMW bahkan telah menggelontorkan dana yang sangat besar agar mampu mengalahkan start up mobil listrik yang dipimpin Elon Musk itu.
(wsb)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1788 seconds (11.97#12.26)