Yamaha Morpho, Motor Konsep Yamaha yang Benar-benar Terlupakan

Senin, 22 Maret 2021 - 22:00 WIB
loading...
Yamaha Morpho, Motor Konsep Yamaha yang Benar-benar Terlupakan
Yamaha Morpho memiliki teknologi suspensi yang tidak terkoneksi dengan gagang motor. Foto/IST
A A A
TOKYO - Pabrikan motor Jepang, Yamaha pernah membuat sebuah motor konsep yang melampaui masanya yakni Yamaha Morpho. Motor itu pertama kali ditampilkan Yamaha di ajang Tokyo Motor Show 1991.

Kala itu Yamaha Morpho benar-benar tampil tidak biasa. Motor tersebut tak ubahnya seperti sebuah motor dari masa depan. Desainnya dibuat sefuturistis mungkin. Namun ada beberapa bagian yang membuat motor ini sangat mencuri perhatian.

Baca juga : Membedah Harga Bekas Pajero Sport dari Generasi ke Generasi

Yamaha Morpho, Motor Konsep Yamaha yang Benar-benar Terlupakan


Bagian pertama yang paling mencolok adalah suspensi bagian depan yang tidak menggunakan suspensi teleskopik. Alih-alih saat itu Yamaha mengajak ilmuwan Universitas Stanford, Amerika Serikat, James Parker membuat sebuah suspensi khusus. Yamaha meminta James Parker membuat suspensi yang tidak perlu terkoneksi dengan palang kemudi.

Yamaha berharap kondisi itu akan membuat motor Yamaha memiliki titik gravitasi yang rendah sehingga motor jadi lebih menyenangkan untuk dikendarai dalam kecepatan tinggi. Setelah berhasil James Parker menamakan teknologi ini sebagai Rotationally Advance Design Development (RADD).

Lewat RADD, James Parker bisa membuat bagian atas motor dengan bebas. Disinilah bagian kedua yang membuat Yamaha Morpho begitu berbeda. James Parker membuat palang kemudi, jok motor dan pijakan kaki dapat diatur posisinya sesuai keinginan.

Baca juga : Hanway G30, Tiruan Royal Enfield Himalayan dari China

Yamaha Morpho, Motor Konsep Yamaha yang Benar-benar Terlupakan


Kemampuan menyesuaikan posisi itulah yang menginspirasi Yamaha menamakan motor itu Yamaha Morpho. Nama Morpho sendiri diambil dari nama kupu-kupu biru Morpho yang memiliki kemampuan beradaptasi tinggi sesuai keadaan.

Untuk sektor dapur pacu, Yamaha Morpho juga tidak sembarangan. Yamaha Morpho dilengkapi dengan mesin empat silinder 1.003 cc dengan tenaga maksimal 110 daya kuda. Top speed motor ini bahkan mencapai 306 kilometer per jam.

Meski menghadirkan banyak teknologi terdepan di masanya, Yamaha Morpho justru tidak juga kunjung direalisasi sebagai produk massal. Meski demikian Yamaha justru masih tetap menjadikan Yamaha Morpho sebagai unjuk kemampuan teknologi. Termasuk ketika mereka menghadirkan lagi Yamaha Morpho II di Tokyo Motor Show 1991. Sayangnya kedua motor Yamaha Morpho hingga kini hanya menjadi cerita menarik dari perjalanan motor-motor Yamaha.
(wsb)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1138 seconds (10.177#12.26)