Bedah Robot Tank Uran-9 Rusia yang Bakal Bikin Repot NATO dan AS

Senin, 12 April 2021 - 15:00 WIB
loading...
Bedah Robot Tank Uran-9 Rusia yang Bakal Bikin Repot NATO dan AS
Robot Tank Uran-9 milik Rusia hadir dengan senjata dan teknologi yang sangat canggih. Foto/IST
A A A
RUSIA - Kendaraan tempur darat tak berawak multiguna (tank robot) Uran-9 diluncurkan oleh produsen peralatan militer Rusia JSC 766 UPTK selama Forum Teknis-Miltary Internasional Angkatan Darat-2016 yang diadakan di Rusia pada September 2016. Kini tank robot ini sudah siap melayani militer Nagara Adidaya tersebut.

Baru-baru ini, kendaraan tersebut dipamerkan oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin, kepada publik dunia. Bahkan Kementerian Pertahanan Rusia sudah mengumumkan bahwa Angkatan Darat-nya akan membentuk unit pertama yang dipersenjatai dengan robot penyerang.



Kendaraan tempur darat tak berawak multiguna Uran-9 diluncurkan oleh produsen peralatan militer Rusia JSC 766 UPTK selama Forum Teknis-Miltary Internasional Angkatan Darat-2016. Acara itu diadakan di Rusia pada September 2016.

Situs militer, Army Technology menuliskan, kendaraan ini dirancang untuk memberikan pengintaian jarak jauh dan dukungan penembakan untuk berbagai tugas yang dilakukan oleh unit kontra-terorisme, pengintaian, dan militer di lingkungan erkotaan. Dilengkapi dengan berbagai senjata dan sensor, robot akan meningkatkan efektivitas tempur regu infanteri, sekaligus menawarkan perlindungan maksimal kepada personel.

Pada Desember 2015, anak perusahaan Rostec Corporation Rosoboronexport mengumumkan bahwa perusahaan akan mulai mempromosikan robot tempur Uran-9 ke pasar internasional pada tahun 2016.

Desain Uran-9
Bedah Robot Tank Uran-9 Rusia yang Bakal Bikin Repot NATO dan AS


Kompleks robot Uran-9 terdiri dari empat kendaraan darat tak berawak, satu stasiun komando bergerak, dan traktor untuk transportasi robot. Kendaraan tempur didasarkan pada sasis track yang dilengkapi enam roda jalan. Panjangnya 5,12 meter (m), lebar 2,53 m, dan tinggi 2,5 m, serta memiliki berat trotoar sekitar 10.000 kg.

Persenjataan Robot Tempur Uran-9
Bedah Robot Tank Uran-9 Rusia yang Bakal Bikin Repot NATO dan AS


Sistem robotik Uran-9 dilengkapi dengan menara yang dioperasikan dari jarak jauh untuk memasang berbagai senjata dan rudal ringan dan menengah, berdasarkan kebutuhan misi. Robot akan meningkatkan efektivitas tempur regu infanteri, sambil menawarkan perlindungan maksimum kepada personel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1924 seconds (0.1#10.140)