Ketika Izin IIMS Hybrid 2021 Keluar, Industri Otomotif Nasional sedang Menderita

Selasa, 13 April 2021 - 21:04 WIB
loading...
Ketika Izin IIMS Hybrid 2021 Keluar, Industri Otomotif Nasional sedang Menderita
Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo, Hendra Noor Saleh, saat ditemui di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (13/4/2021). Foto/FIKRI/ SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo, Hendra Noor Saleh, menargetkan transaksi yang terjadi pada perhelatan Indoneasia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 sebesar Rp4 triliun. Angka tersebut merupakan setengah dari angka yang biasa dicapai acara sebelum pandemi Covid-19.

Pria yang akrab disapa Kohen itu menjelaskan, angka tersebut masih masuk akal, mengingat beberapa faktor pendukung seperti belum terselenggaranya pameran mobil besar di Tanah Air, selama pandemik mewabah di Indonesia.

"Selain itu, momen Lebaran dan relaksasi PPnBM yang sudah digerek hingga 2.500 cc juga diyakini menjadi pendorong," kata Kohen, saat ditemui di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (13/4/2021).

Kohen menceritakan, industri otomotif nasional saat ini masih menderita akibat pandemik. Dari 150 izin acara yang diajukan ke otoritas terkait sepanjang April, hanya IIMS Hybrid 2021 yang mendapat izin terselenggara.

Menurut Kohen, konsep protokol kesehatan yang diajukan pihaknya kemungkinan dianggap paling memenuhi syarat dari pemangku kepentingan, sehingga mendapat izin.

"Ketika izin keluar, industri kita sebenarnya belum siap. Tapi kita tetap usaha," imbuhnya.

Artinya, kendala tidak hanya datang dari perizinan, tetapi juga dari agen tunggal pemegang merek (ATPM) yang mengikuti pameran.

Kohen menjabarkan, misalnya Hyundai yang mengundurkan diri dari pameran saat last minute. Kemudian Jeep yang maju mundur sebelum akhirnya konfirmasi ikut pameran.

"Dasarnya bukan tidak percaya, tapi karena real suffer. Perhelatan ini menjadi pembuka jalan bagi industri otomotif untuk penyelenggaraan serupa ke depannya," jabarnya.

IIMS Hybrid 2021 akan diselenggarakan pada 15-25 April mendatang, di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Adapun tiket yang dikenakan kepada pengunjung sebesar Rp50.000 - Rp70.000. Ada kemungkinan acara ini dibuka oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo. Tetapi Kohen membocorkan bahwa sudah ada dua menteri yang konfirmasi hadir saat pembukaan.

"Menteri Pariwisata, Sandiaga Uno, dan Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, konfirmasi hadir," tandasnya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2703 seconds (0.1#10.140)