Ini yang Perlu Anda Lakukan Saat Ingin Punya Mobil Klasik

Selasa, 20 April 2021 - 14:00 WIB
loading...
Ini yang Perlu Anda Lakukan Saat Ingin Punya Mobil Klasik
Memiliki mobil klasik atau kuno saat ini semakin digemari banyak orang. Foto/Travelounge.co
A A A
JAKARTA - Memiliki mobil klasik saat ini jadi hobi yang menyenangkan. Banyak orang yang tertarik untuk mencoba memiliki mobil klasik. Hanya saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika Anda ingin memiliki mobil klasik.

Rony Arifudin, Ketua Umum Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) mengatakan saat memutuskan punya mobil klasik maka pemilik harus benar-benar melakukan pemeriksaan secara komprehensi mulai dari ujung ke ujung. Jika tidak memiliki pengetahuan soal mobil klasik, dia menyarankan untuk melibatkan tenaga ahli yang paham mobil klasik.



"Semuanya diperiksa dar ujung ke ujung mulai dari kaki-kaki, body hingga mesin. Bahkan kalau perlu sampai turun mesin," ujarnya.

Setelahnya calon pemilik mobil klasik harus memiliki pemahaman bahwa mobil yang mereka incar harus direstorasi. Seperti saat memerika, proses restorasi juga sebaiknya dilakukan secara menyeluruh.

Ini yang Perlu Anda Lakukan Saat Ingin Punya Mobil Klasik


"Saat proses restorasi itu, orang yang akan berpengalaman tentu akan tahu, sparepart apa yang perlu diganti atau hanya perlu diperbaiki," ujarnya.

Rony Arifudin mengatakan untuk sparepart mesin mobil klasik sebenarnya tidak terlalu mengkhawatirkan. Pasalnya mesin mobil klasik masih bisa ditemukan. Kalau pun tidak ada mesin mobil yang ada saat ini bisa dilakukan penyesuaian.

"Yang pengalaman pasti bisa melakukan penyesuaian mesin dengan cara membubut," ujarnya.



Ini yang Perlu Anda Lakukan Saat Ingin Punya Mobil Klasik


Yang jadi masalah justru adalah sparepart aksesoris orisinal dari mobil klasik seperti emblem, lampu, lis dan sebagainya. Pasalnya populasi aksesoris orisinal mobil klasik kadang tidak ditemukan di dalam negeri. Itulah mengapa PPMKI membuka diri dengan berbagai komunitas penggemar mobil klasik lainnya di negara-negara lain agar mendapat informasi keberadaan berbagai sparepart yang dibutuhkan mobil klasik. "Kalau enggak ada di dalam negeri memang harus keluar negeri," ucapnya.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3227 seconds (0.1#10.140)