Bedah Habis-Habisan, BMW R 1250 RT Motor Andalan Korlantas Polri

Sabtu, 24 April 2021 - 20:02 WIB
loading...
Bedah Habis-Habisan, BMW R 1250 RT Motor Andalan Korlantas Polri
BMW R 1250 RT. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - BMW R 1250 RT menjadi motor andalan dari Korlantas Polri saat ini. Motor futuristik ini dibekali berbagai teknologi guna menunjang kinerja anggota Korlantas dalam bertugas.

Melalui channel YouTube NTMC Channel, AKBP Pramono Jati, Kasiwal Subditwal dan PJR Ditgakum Korlantas Polri, melakukan review dari motor besar tersebut.

"BMW R 1250 RT digunakan untuk pengawalan VIP, tingkat kementerian maupun pejabat tinggi kepolisian," jelas Jati. BACA JUGA - Selain Makhluk seperti Laba-Laba, Mars Diyakini Dihuni Malaikat

BMW R 1250 RT merupakan motor jenis touring dengan menggunakan side box di kiri dan kanannya. Motor ini masuk ke dalam kategori kelas 1.000-1.300 cc.

Karena memiliki wheelbase yang pendek, sekitar 1,4 meter, sehingga sangat lincah untuk handling. Jati juga merasa motor ini sangat baik dan enak untuk dikendarai di dalam dan luar kota.

Faktor keselamatan menjadi fitur utama yang disematkan pada motor ini. Salah satunya adalah mengenai tekanan ban depan dan belakang yang bisa dilihat di layar pada bagian stang motor.

"Ukuran ban depan 2,5 bar atau 37 psi dan belakang 2,9 bar atau 42 psi," tambah Jati.

Kemudian ada juga fitur yang membuat motor bisa mengatur suspensinya sendiri. Lalu ada fitur untuk menghindari traksi antara ban dengan aspal, sehingga menghindari terjadinya slip.

Disematkan juga fitur central lock untuk mengamankan komponen di semua sisi motor. Pada bagian mesinnya juga dipasangkan pelindung. Di bagian atasnya juga terdapat pelindung angin yang bisa naik turun.

Untuk kubikaso, BMW R 1250 RT memiliki kapasitas mesin 1.254 cc dengan torsi 146 nm pada 6.250 rpm. Ini adalah mesin tipe Boxer 2 silinder. Mesin tersebut dapat memuncratkan tenaga 136 hp pada 7.750 rpm, dengan emam percepatan.

"Boxer (adalah) mesin yang sangat memanfaatkan gravitasi, sehingga memberikan keselamatan bagi pengendaranya," tambah Jati.

Dari sistem pengeramannya sudah dipasangkan ABS Pro. Sementara kapasitas bahan bakar maksimal 25 liter. Meski lampu indikator di layar menyala, tapi masih ada cadangan bahan bakar sebanyak empat liter.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4248 seconds (0.1#10.140)